Selasa, 22 Agustus 2017 | 02:41 WIB

Replika Pesawat dari Cijantung Terbang ke Eropa

Selasa, 05 April 2016 | 21:37 WIB
Artikel belum tersedia
Campuran resin dan serat fiber dioleskan pada cetakan.
Menghaluskan hasil cetakan badan pesawat.
Merapihkan hasil pengecatan
Setelah dicat, bagian badan pesawat disemprot dengna cat vernis
Merapihkan stiker yang ditempel di bagian sayap.
Memasang salah satu bagian mesin pesawat
Merapihkan cat pada badan pesawat.
Replika berbagai jenis pesawat yang siap dipasarkan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Miniatur atau replika pesawat terbang merupakan salah satu barang yang dapat dijadikan hiasan di rumah atau di kantor. Namun, tidak sedikit pula orang yang mengoleksinya, terutama mereka yang cinta dunia penerbangan.

Replika pesawat umumnya dibuat dari campuran resin dan serat fiber, ada pula yang dari plastik, besi (die cast), dan bahkan dari barang bekas. Salah satu industri rumahan yang membuatnya adalah Anglo - Indonesian Aircraft Models yang terdapat di Kalisari, Cijantung, Jakarta Timur. Dari tempat ini replika pesawat tersebut diekspor ke Inggris, Belanda, Malaysia, Australia, dan beberapa negara lain.

Maskapai besar seperti British Airways (Inggris) dan KLM (Belanda) bahkan memberikan kontrak eksklusif untuk pembuatan replika pesawat-pesawat mereka. Hal ini karena replika pesawat hasil buatan Anglo detilnya cukup baik, mulai dari bentuk, warna, dan detil lainnya. Contohnya, tulisan-tulisan kecil di badan dan sayap pesawat masih dapat terbaca bila kita lihat dengan kaca pembesar. (Netralnews/YC Kurniantoro)