Rabu, 28 Juni 2017 | 08:54 WIB

Batang Pinang untuk Lomba HUT Kemerdekaan

Jumat, 12 Agustus 2016 | 16:23 WIB
Artikel belum tersedia
Dudu menguliti batang pohon pinang.
Menghaluskan batang pohon dengan golok.
Memeriksa batang pohon yang masih kasar.
Batang pohon diamplas supaya halus.
Dudu mengikat sambungan tempat gantungan hadiah.
Dudu menyerut batang pohon pinang.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Merayakan HUT kemerdekaan di tanah air, biasa diisi dengan berbagai perlombaan. Salah satunya lomba panjat pinang. Dalam lomba tersebut peserta berlomba mengambil sebanyak-banyaknya hadiah yang digantung di bagian atas pohon pinang. Namun untuk mencapainya tidak mudah, karena batang pohon dilumuri oli sehingga licin dan sulit dipanjat.

Salah satu kawasan yang membuat dan menjual batang pinang tersebut, terdapat di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan. Dudu (43) salah satu pembuat dan penjual batang pinang musiman, tiap tahun selalu mengadu nasib di kawasan itu, seusai musim panen di desanya, di Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Batang pohon pinang yang dipesannya dari kawasan Pelabuhan Ratu, ia buat menjadi batang pinang yang siap pakai untuk perlombaan dalam HUT kemerdekaan.

Batang pohon pinang yang telah siap pakai itu ia tawarkan dengan harga Rp500 ribu hingga Rp800 ribu, tergantung ukurannya. Namun, ia mengeluhkan sepinya pembeli, tak seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Dari awal Agustus saja, ini baru mau ada pesanan tiga batang. Satu nanti malam diambil, dan dua lagi besok," kata Dudu di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (12/8/2016). (Netralnews/YC Kurniantoro)