Selasa, 17 Oktober 2017 | 12:50 WIB

  • News

  • Bola

Tahu Diri, Pelatih AS Letakkan Jabatan

Pelatih AS, Bruce Arena
Chicago Tribune
Pelatih AS, Bruce Arena

CHICAGO, NETRALNEWS.COM – Federasi Sepakbola Amerika Serikat (USSF) memberi konfirmasi Bruce Arena telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Timnas AS pada Jumat (13/10/2017).

Pengunduran diri pelatih kawakan berusia 66 tahun ini tak lepas dari kegagalan The Yanks meloloskan diri menuju putaran final Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia.

Di partai pamungkas kualifikasi Zona Amerika Tengah dan Utara (Concacaf), AS yang sejatinya hanya membutuhkan hasil imbang di luar dugaan dipecundangi tim yang telah tersingkir Trinidad & Tobago dengan skor 1-2.

Kekalahan ini membuat AS terpelanting ke peringkat kelima klasemen dan gagal meraih zona play-off alias posisi empat besar kalah satu angka dari Honduras dan Panama yang pada saat bersamaan unggul dari Meksiko dan Kosta Rika.

“Tidak ada alasan. Kami tak mampu menunaikan tugas yang kami emban. Saya menerima tanggung jawab atas konsekuensinya,” terang Arena dalam pernyataan resminya yang dirilis USSF.

Usai mengalami kekalahan dua kali beruntun di dua partai perdana kualifikasi, pada 22 November 2016 AS menunjuk Arena menggantikan Juergen Klinsmann. Hasilnya, sebelum laga terakhir, Arena mampu mengantarkan Christian Pulisic dkk 2 kali kemenangan, 2 kali imbang, dan sekali kalah. AS pun kembali masuk zona tiket otomatis.

“Tentu saja hasil ini merupakan kemunduran besar dalam program (projek) timnas. Karenanya, kini kami mesti bertanya pada diri sendiri apa yang harus dilakukan agar tim ini dapat kembali bangkit dan menunjukkan progres,” tambah Arena.

Arena tercatat menjadi pelatih tersukses sepanjang sejarah persepakbolaan AS, dengan mencetak rekor 81 kali kemenangan, 25 kali imbang, dan 32 kali menelan kekalahan. Saat periode pertamanya menangani timnas, AS menoreh prestasi terbaik sepanjang masa yakni meraih tiket perempat final Piala Dunia 2002 dan tiga kali merebut gelar juara Piala Emas pada 2002, 2005, dan 2017.

Editor : ME Gunawan

Apa Reaksi Anda?