Sabtu, 25 November 2017 | 06:49 WIB

  • News

  • Bola

Italia Jadi Tim Besar Kelima yang Gagal ke Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018.
FIFA
Piala Dunia 2018.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Sebuah rekor buruk baru saja ditoreh Timnas Italia. Dalam kurun waktu 60, Italia kembali gagal melangkah ke putaran final Piala Dunia.

Tentu saja, kegagalan Timnas Italia lolos ke Piala Dunia 2018 menambah daftar tim besar yang gagal tampil di Rusia tahun depan.

Setidaknya, ada lima negara yang memang menjadi langganan turnamen besar dunia dipastikan hanya menjadi penonton.  Timnas Italia sendiri tak mampu lolos usai disingkirkan Timnas Swedia. Secara agregat, Italia kalah dengan skor 0-1 dari dua pertandingan yang dihelat.

Timnas Italia untuk kali pertama sejak 1958 gagal lolos ke putaran final Piala Dunia. Ditambah edisi pertama pada 1930, maka timnas Italia total baru tiga kali gagal lolos ke Piala Dunia.

Sebelum Italia, ada tim besar lainnya yang tidak bisa terbang ke Rusia. Di zona Eropa ada timnas Belanda dan timnas Wales.

Timnas Belanda gagal bersaing dengan Swedia dalam perebutan posisi runner-up Grup A untuk lolos ke babak playoff. Gelar juara Grup A direbut oleh timnas Prancis.

Kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 membuat kesialan timnas Belanda berlanjut. Tim Oranje tahun lalu juga gagal ke putaran final Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Prancis.

Kegagalan timnas Wales juga cukup mengejutkan. Pasalnya, Gareth Bale dan kawan-kawan merupakan tim semifinalis Piala Eropa 2016. Timnas Wales hanya mampu finis ketiga pada klasemen akhir Grup D kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Dari zona Amerika Latin atau CONMEBOL, timnas Chile yang merupakan tim favorit, justru gagal lolos ke Piala Dunia 2018 setelah kalah 0-3 dari timnas Brasil pada laga terakhir di Stadion Allianz Parque, Sao Paulo, 10 Oktober lalu.

Kejutan terakhir datang dari zona CONCACAF. Timnas Amerika Serikat untuk kali pertama sejak 1986 gagal ke putaran final Piala Dunia. 

Kekalahan 1-2 dari Trinidad dan Tobago, Oktober lalu, membuat timnas AS hanya menduduki peringkat lima klasemen akhir zona CONCACAF.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?