Selasa, 21 November 2017 | 07:46 WIB

  • News

  • Bola

Atasi Honduras, Australia Pastikan Satu Tempat di Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018.
Istimewa
Piala Dunia 2018.

SYDNEY, NETRALNEWS.COMTimnas Australia memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2018. Kepastian itu didapat setelah berhasil mengatasi perlawanan Timnas Honduras pada laga kedua babak “Play-Off” 

Menjamu Timnas Honduras di ANZ Stadium, Sydney, Rabu (15/11/2017) sore WIB, Australia menang dengan skor 3-1. Pada laga ini, Australia tampil dengan kekuatan penuh termasuk menurunkan pemain gaek Tim Cahill di lini depan yang didukung Tom Rogic serta Aaron Mooy.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, Australia memang menguasai pertandingan tapi mereka kesulitan menembus pertahanan Honduras sepanjang 45 menit pertama. Hingga turun minum, skor 0-0 tetap bertahan. 

Barulah di babak kedua, Australia bisa memecah kebuntuan pada menit ke-54. Tembakan Jedinak mengecoh kiper Donis Escober untuk mengubah skor jadi 1-0. 

Tekanan terus menerus dari Australia akhirnya berbuah gol kedua pada menit ke-72 ketika handball Bryan Acosta. Jedinak yang jadi eksekutor sukses menempatkan bola di luar jangkauan Acosta. Skor 2-0 untuk tuan rumah.

Jedinak kembali mencetak gol lagi pada menit ke-85 dan lagi-lagi lewat titik putih menyusul pelanggaran Jerry Palacios kepada Robbie Kruse. Kali ini sepakan Jedinak mampu mengecoh Acosta.

Honduras baru bisa mencetak gol di menit ke-93 lewat sepakan Figueroa menyusul kemelut di depan gawang Australia. Skor 3-1 pun mengantarkan Australia lolos ke Rusia setelah leg pertama berakhir 0-0.

Australia jadi negara ke-31 yang memastikan diri jadi peserta Piala Dunia. Bagi Tim Kangguru, ini adalah penampilan kelima mereka setelah 1974, 2006, 2010, dan 2014.

Australia menyusul empat wakil Asia lainnya yang lolos dari kualifikasi babak ketiga yakni Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi.

Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?