Selasa, 16 Januari 2018 | 18:19 WIB

  • News

  • Bola

Kalah Kelas, Timnas Indonesia Dipecundangi Islandia 1-4

Pertandingan Timnas Indonesia melawan Timnas Islandia.
NNC/Dimas Elfarisi
Pertandingan Timnas Indonesia melawan Timnas Islandia.

JAKARTA, NNC – Meski memberikan perlawanan sengit, Timnas Indonesia tak mampu membendung keperkasaan Timnas Islandia. Alhasil, Indonesia harus dipecundangi Islandia dengan skor telak 1-4.

 

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (14/1/2018) malam WIB, Timnas Indonesia sempat mengimbangi Timnas Islandia 1-1 di babak pertama. Tapi, negara yang tampil di putaran final Piala Dunia 2018 itu menggelontorkan tiga gol ke gawang Tim Garuda.

Ini merupakan hasil buruk bagi pasukan Luis Milla. Sebab, mereka sedang mempersiapkan diri untuk turun di ajang Asian Games 2018.

Timnas Islandia memulai pertandingan dengan umpan panjang karena unggul postur tubuh. Sementara, Timnas Indonesia dengan kecepatan tinggi mengandalkan umpan pendek.

Islandia nyaris mencetak gol di awal laga. Beruntung Andritany masih menggagalkan tendangan Aron Sigurdarson.  Hingga 10 menit berjalan skor masih 0-0.

Timnas Indonesia coba menggedor pertahanan Islandia lewat serangan dari sisi sayap. Kecepatan Febri dan Osvaldo diharapkan bisa merusak pertahanan Islandia. Sementara tim asal Eropa itu masih mengandalkan serangan jarak jauh.

Kecepatan pemain Indonesia membuahkan hasil pada menit ke-29. Iham Udin yang diplot menjadi penyerang berhasil menyarangkan gol ke gawang Islandia. Alex Runarsson yang gagal menangkap bola dimanfaatkan Ilham mencetak gol dengan mudah.

M Hargianto nyaris menggandakan keunggulan bagi Indonesia. Sayang sepakannya masih melenceng ke kiri gawang Islandia. Indonesia semakin bisa mengembangkan permainan karena hujan sudah mulai reda.

Tekanan tim tamu akhirnya berbuah manis pada masa tambahan. Gelandang Albert Gudmunsonn mencetak gol lewat aksi solo melewati bek lawan di masa perpanjangan waktu.

Islandia kembali tampil lebih baik di awal babak kedua. Mereka lebih sering menekan pertahanan Timnas Indonesia. Hasilnya, Islandia mampu membalikkan keadaan menjadi 1-2 pada menit ke-59. Arnor Smarason melepaskan tembakan keras dari jarak dekat hasil dari rebound sepak pojok.

Albert Gudmundsson mencetak gol melalui titik putih pada menit ke-65. Tendangan Gudmundsson ke arah tengah mengecoh Andritany yang terlanjur bergerak ke kiri. Penalti sendiri diberikan setelah Gudmundsson dilanggar oleh Hansamu Yama.

Albert Gudmundsson mencetak gol ketiganya di laga ini. Ia menyelesaikan aksinya dengan finishing yang berkelas pad amenit ke-72.

Meski tertinggal 1-4, Timnas Indonesia belum kehilangan semangat untuk menyerang Islandia. Luis Milla berharap Timnas Indonesia bisa mencetak gol lagi. Hal itu terlihat dari pemain-pemain yang ia masukkan ke lapangan mulai dari Boaz Solossa, Andik Vermansah, hingga Egy Maulana Vikri.

Tapi, hingga wasit meniup peluit panjang, skor tidak berubah untuk kemenangan Islandia.

Susunan pemain

Timnas Indonesia: Andritany Ardhiyasa; I Putu Gede, Fachrudin Aryanto, Hansamu Yama, Rezaldi Hehanusa; Muhammad Hargianto, Bayu Pradana; Osvaldo Haay, Septian David, Febri Hariyadi; Ilham Udin Armaiyn.

 

Timnas Islandia: Alex Runarsson; Holmar Eyjolfsson, Jon Fjoluson, Felix Fridriksson, Olafur Skulason, Arnor Smarason, Arnor Traustason, Samuel Fridjonsson, Kristian Finnbogason, Andre Bjarnasson, Aron Sigurdarson. 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?