• News

  • Bola

Soal Kerusuhan Laga Arema Lawan Persib, Ini Keputusan Operator Liga

Kerusuhan saat laga Arema FC melawan Persib Bandung.
Istimewa
Kerusuhan saat laga Arema FC melawan Persib Bandung.

JAKARTA, NNC - PT Liga Indonesia Baru (LIB) akhirnya mengeluarkan keputusan soal laga Liga 1 2018 antara Arema FC versus Persib Bandung, Minggu (15/4/2018) yang berakhir rusuh. Laga yang terpaksa dihentikan di detik-detik akhir sebelum pertandingan usai itu diputuskan tidak akan dilanjutkan.

Dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Senin (16/4/2018), LIB menyebut pertandingan itu dianggap sudah selesai dengan skor imbang 2-2.

"Acuannya adalah pada laporan pertandingan yang dikirimkan oleh pengawas pertandingan dan telah kami baca, juga pelajari secara rinci. Dari laporan tersebut, kami memutuskan pertandingan telah selesai," ujar Direktur Operasional LIB Tigorshalom Boboy.

Kebijakan LIB itu, lanjut Tigor, sudah sesuai dengan regulasi liga pasal 12 ayat 1 (c) dan 1 (d) yang menjelaskan bahwa jika terjadi situasi yang tidak bisa ditangani atau "force majeure" yang di dalamnya termasuk kericuhan penonton maka status laga diputuskan oleh LIB.

Sementara terkait sanksi atas kejadian tersebut, LIB menyerahkan sepenuhnya kepada Komisi Disiplin PSSI.

"Komisi Disiplin PSSI yang akan mempelajari kasus ini dan jika ada kesalahan atau pelanggaran peraturan, maka Komdis yang akan menentukan hukumannya. Kami berharap kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi," tutur Tigorshalom.

Seperti diketahui, partai lanjutan Liga 1 2018 Arema FC kontra Persib Bandung yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (15/4), terpaksa dihentikan di detik-detik akhir setelah terjadinya lemparan-lemparan botol yang disusul masuknya suporter tuan rumah ke lapangan.

Suporter tuan rumah semakin panas setelah penyerang Arema FC Dedik Setiawan diganjar kartu merah pada menit ke-89. Mereka pun berhamburan masuk ke dalam lapangan untuk meluapkan amarahnya. Situasi yang kacau membuat wasit Handri Kristanto memutuskan laga tidak dilanjutkan dan berakhir dengan skor imbang 2-2.

Adapun dua gol Arema di laga tersebut dicetak oleh Thiago Furtuoso dos Santos di menit ke-19 dan Balsa Bozovic di menit ke-88. Sementara gol Persib Bandung diborong oleh Ezechiel N'Douassel yang menorehkan gol di menit ke-20 dan ke-78.

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?