• News

  • Bola

Serang Hakim Garis, Arda Turan Dihukum 16 Laga

Serang hakim garis, Arda Turan dihukum 16 laga.
Skysports
Serang hakim garis, Arda Turan dihukum 16 laga.

ISTANBUL, NNCArda Turan harus membayar mahal aksinya menyerang hakim garis saat memperkuat klubnya, Basaksehirmelawan Sivaspor, 4 Mei lalu. Gelandang yang dipinjam dari Barcelona itu mendapat hukuman skorsing 16 laga oleh Asosiasi Sepakbola Turki.

Turan dilepas Barcelona ke Basaksehirpada bursa transfer Januari lalu. Dia dipinjamkan dengan durasi 2,5 musim setelah Barcelona tak bisa memberinya kesempatan bermain yang cukup.

Cerita penyerangan Turan terjadi di menit-menit akhir. Dalam kedudukan 1-1 usai timnya kebobolan menjelang laga berakhir, Turan marah karena tak dihadiahi pelanggaran saat berupaya melancarkan serangan terakhir.

Turan kemudian melampiaskan kemarahannya kepada asisten wasit dengan melancarkan protes keras dan melakukan dorongan. Sontak saja, wasit langsung mengeluarkan kartu merah untuk Turan yang terus mengumpat wasit saat berjalan keluar lapangan.

Federasi sepakbola Turki pun mengusut kasus ini dan akhirnya menjatuhkan hukuman larangan bermain dengan jumlah total 16 laga untuk eks gelandang Atletico Madrid tersebut.

16 laga tersebut merupakan hukuman akumulasi. Rinciannya skors 10 pertandingan karena dakwaan menyerang asisten wasit, lalu skors tiga laga karena menghina dan tiga lainnya karena mengancam. Ia juga harus membayar denda 39 ribu lira atau sekitar Rp 129 juta.

Tanpa turan, kans juara Basaksehirdipastikan menipis. Mereka wajib menang di dua pertandingan tersisa musim ini dan karena itu butuh semua pemain terbaiknya. Saat ini tim Istanbul itu hanya tertinggal tiga poin dari pemuncak klasemen Liga Turki, Galatasaray dengan menghuni posisi ketiga.

Kehadiran Turan di Basaksehirsebenarnya belum terlalu berpengaruh besar. Musim ini dari 11 kali penampilan buat Basaksehir, ia baru berhasil mencetak dua gol dan satu assist saja.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?