• News

  • Bola

20 Laga Tak Terkalahkan, Lopetegui Tetap Dipecat

Tanpa Lopetegui, Spanyol bukan unggulan lagi di Piala Dunia 2018
Goal.com
Tanpa Lopetegui, Spanyol bukan unggulan lagi di Piala Dunia 2018

MOSKOW, NNC- Sungguh ironis nasib Julen Lopetegui sebagai pelatih timnas Spanyol. Ia harus mengakhiri kariernya di La Roja dengan sebuah surat pemecatan. Padahal, di bawah arahannya, La Roja melaju tidak terkalahkan.

Lopetegui datang menggantikan Vicente Del Bosque yang dipecat karena gagal membawa Spanyol juara di Piala Eropa 2016. Ketika itu, Spanyol kandas di babak 16 besar di tangan Italia.

Sebelum diangkat jadi pelatih timnas Spanyol, pelatih 51 tahun pernah menangani timnas Spanyol junior. Prestasi nya bersama La Roja junior lah yang membuatnya didapuk jadi pengganti Del Bosque. Lopetegui berhasil membawa Spanyol U-19 jadi juara Eropa pada 2012 dan membawa Spanyol U-21 memenangi kejuaraan Eropa 2013.

Pilihan Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) tersebut tak salah. Di laga perdana, Spanyol berhasil memenangkan partai friendly lawan tim kuat Belgia dengan skor 2-0 di Stadion King Baudouin. Hasil ini jadi awal dari rentetan positif bagi Sergio Ramos dkk.

Hingga menjelang Piala Dunia 2018, Spanyol di era Lopetegui belum ada yang bisa mengalahkan. Totalnya adalah 20 pertandingan, dengan 14 kemenangan dan 6 hasil seri. Jika dipresentase, Lopetegui punya persentase kemenangan 70% bersama La Roja.

Catatan statistik lainnya, Spanyol juga mampu mencetak total 61 gol dan sebaliknya hanya kebobolan 13 gol saja dari 20 laga tersebut. Berkat polesannya, Spanyol jadi salah satu calon kuat juara di Piala Dunia 2018.

Tapi, justru karena hasil polesannya itu, Lopetegui harus mengakhiri kariernya di timnas Spanyol. Itu karena Real Madrid tertarik mengontraknya jadi pelatih. Dan tanpa basa-basi dan pertimbangan yang matang, Lopetegui menerima tawaran Madrid, saat timnas Spanyol tengah fokus mempersiapkan diri untuk tampil di Piala Dunia 2018.

Pada hari Selasa (12/6/2018) Lopetegui pun diumumkan bakal jadi entrenador El Real usai Piala Dunia 2018. Tidak sampai 24 jam setelah pengumuman itu, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) langsung bereaksi keras. Lopetegui dipecat, Rabu (13/6), meski Piala Dunia sudah di depan mata.  

RFEF kabarnya sudah mengontak kembali Del Bosque untuk menangani Spanyol selama perhelatan Piala Dunia2018 di Rusia. Namun sang pelatih belum memberikan jawaban atas tawaran tersebut. Rakyat Spayol pantas marah dengan aksi Madrid membajak pelatih timnas mereka, karena setelah ditinggal Lopetegui, tepat sehari sebelum kickoff Piala Dunia dimulai, Spanyol jelas dalam kondisi yang goyah dan tak lagi pantas jadi salah satu unggulan di Rusia.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?