• News

  • Bola

Bantai Kroasia 4-2, Prancis Juara Piala Dunia 2018

Paul Pogba mencetak gol ke gawang Kroasia.
Rtr via Google
Paul Pogba mencetak gol ke gawang Kroasia.

MOSKOW, NNC – Trofi Piala Dunia 2018 akhirnya menjadi milik Timnas Prancis. Di final anak asuh Didier Deshamps itu membantai Timnas Kroasia 4-2 pada laga pamungkas, Minggu (15/7/2018) di Stadion Luzhniki. 

Ini adalah gelar juara dunia kedua untuk Timnas Prancis sejak menjadi juara tahun 1998. Sementara buat Timnas Kroasia, meski kalah namun mereka juga sudah mencatat sejarah bermain di final Piala Dunia untuk kali pertama.

Sepuluh menit pertama Kroasia langsung menekan pertahanan Prancis. Namun Tim Ayam Jantan perlahan berhasil keluar dari tekanan. Mereka bahkan mampu mencuri gol lebih dulu pada menit 18 lewat gol bunuh diri Mario Mandzukic.

Gol tersebut berawal dari tendangan bebas yang dilepaskan Antoine Griezmann. Mandzukic yang bermaksud membuang bola dengan tandukan, malah membobol gawang sendiri. Namun ada perdebatan soal tendangan bebas tersebut karena Griezmann terlihat terjatuh meski tak ada sentuhan keras dari Brozovic.

Keunggulan Prancis tak berlangsung lama. Perisic berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-28. Gol ini juga berawal dari tendangan bebas. Perisic berhasil mendapatkan bola saat terjadi kemelut di depan gawang. Dengan satu sentuhan, ia melepaskan tendangan keras kaki kiri yang tak mampu dijangkau Hugo Lloris. 

Menit ke 33 Prancis mendapatkan penalti. Wasit menunjuk titik putih usai melihat rekaman VAR yang menunjukkan Perisic melakukan handball.

Griezmann yang jadi algojo dapat melakukan tugasnya dengan baik. Prancis unggul 2-1. Kroasia mencoba menyamakan kedudukan, namun lini belakang Prancis yang solid mampu menggagalkan setiap peluang yang mereka dapatkan. Babak pertama Prancis sementara unggul 2-1 atas Kroasia.

Babak kedua baru dimulai, Kroasia sudah mendapatkan peluang emas. Sayang tendangan keras Rebic masih bisa ditepis Lloris hingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Gelombang serangan bertubi terus dilakukan Kroasia. Beberapa kali lini belakang Les Blues terlihat pontang panting menahan gempuran Kroasia. 

Kylian Mbappe sempat mengejutkan Kroasia lewat tusukannya dari sisi kiri pertahanan. Berhasil melewati Vida, tendangan Mbappe masih dapat dihalau oleh kiper Kroasia Danijel Subasic. 

Terus ditekan, pelatih Prancis coba mengganti strategi dengan  memasukkan Steven Nzonzi menggantikam Ngolo Kante di menit 53. 

Gol untuk Prancis. Paul Pogba melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti pada menit 58. Mbappe berperan penting buat gol ketiga Les Blues ini. Ia melakukan solo run dan melepaskan umpan yang diterima oleh Griezmann. Striker Atletico itu kemudian memberikan bola kepada Pogba. Tembakan pertama dari kaki kanan masih bisa diblok bek lawan. Namun tembakan kedua dari kaki kirinya melesak mulus ke gawang Subasic. Prancis 3 Kroasia 1. 

Mimpi buruk Kroasia masih berlanjut. Prancis memperlebar keunggulan lewat bintang muda mereka, Mbappe pada menit 65. Tendangan keras Mbappe hasil dari umpan Hernandez membobol gawang Subasic. 

Tertinggal tiga gol, Kroasia mencoba bangkit. Harapan mulai muncul usai Mandzukic, memanfaatkan kesalahan fatal Lloris, mencetak gol di menit 69. Awalnya Lloris berniat memainkan bola untuk mengulir waktu, namun bola malah berhasil direbut Mandzukic sehingga terjadilah gol kedua Kroasia. 

Di kedudukan 4-2 kedua pelatih memasukkan pemain baru. Deschamps memasuklan Tolisso menggantikan Matuidi, sementara pelatih Kroasia, Zlatko Dalic memainkan striker Andrej Kramaric menggantikan Rebic. 

Kroasia terus mengurung pertahanan Prancis untuk mengejar ketinggalan dua gol. Namun rapatnya pertahanan lawan yang menaruh sebagian besar pemainnya di belakang membuat Kroasia kesulitan.

Sepuluh menit jelang waktu normal berakhir, pergantian terakhir dilakukan. Les Blues memainkan Nabil Fekir menggantikan Giroud, sementara Kroasia menambah striker lagi dengan memasukkan Marko Pjaca dan menarik Strinic. 

Namun dengan empat striker di depan, Kroasia tak kunjung mampu membobol gawang Prancis. Hingga laga usai, skor tidak berubah dan Prancis pun berhak meraih trofi Piala Dunia kedua dalam sejarah.

Susunan Pemain

Prancis: Hugo Lloris, Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez, Paul Pogba, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, N'Golo Kante, Blaise Matuidi, Olivier Giroud.

Kroasia: Danijel Subasic, Sime Vrsaljko, Ivan Strinic, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Rakitic, Ivan Perisic, Luka Modric, Marcelo Brozovic, Ante Rebic, Mario Mandzukic.

 

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?