Selasa, 21 November 2017 | 11:35 WIB

  • News

  • Bola

La Liga Kehilangan Jagoan Penyelamat Tendangan Penalti

Aksi Diego Alves menggagalkan tendangan penalti Cristiano Ronaldo (marca)
Aksi Diego Alves menggagalkan tendangan penalti Cristiano Ronaldo (marca)

VALENCIA, NETRALNEWS.COM – Musim depan kompetisi La Liga kehilangan seorang kiper yang diakui sangat jempolan saat mengantisipasi tendangan penalti. 

Kiper yang dimaksud adalah penjaga gawang senior asal Brasil, Diego Alves. Setelah enam musim membela Valencia, Alves, 32 tahun, pulang kampung dan bergabung dengan Flamengo.

Sepanjang satu dekade tampil di La Liga, rekor Alves dalam menyelamatkan tendangan penalti dapat dikatakan spektakuler. Diawali dari keberhasilannya menggagalkan eksekusi striker Sevilla Frederic Kanoute, April 2008, Alves mampu memblok atau menepis setengah dari jumlah tendangan penalti para algojo kelas satu semisal Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Antoine Griezmann, Diego Costa, Carlos Vela, Ivan Rakitic, Fernando Llorente, dan Carlos Bacca. 

Pada 25 September 2016, Alves memecahkan rekor La Liga, 17 kali saves yang dimiliki legenda Spanyol Andoni Zubizarreta, saat menggagalkan tendangan winger Leganes, Alexander Szymanowski.

Tujuh bulan kemudian, tepatnya 29 April 2017, Alves mencetak rekor baru, 22 kali melakukan save dari tendangan penalti saat menggagalkan tendangan Ronaldo di Santiago Bernabeu. Meski demikian, saat itu Valencia tetap kalah 1-2.

Total jenderal, sejak datang ke Spanyol, Alves tercatat mampu menggagalkan 24 kali eksekusi dari 50 tendangan penalti, dua di antaranya melebar dan menerpa mistar. Dengan rasio 47 persen, Alves pantas ditasbihkan sebagai jagoan penyelamat penalti di kancah La Liga.

Editor : ME Gunawan
Sumber : ESPN

Apa Reaksi Anda?