Selasa, 21 November 2017 | 11:39 WIB

  • News

  • Cantik & Gaya

Wow, Wajah Cerah karena Pakai Masker Ini

Ilustrasi pemakaian masker pada wajah.(dok.cambon)
Ilustrasi pemakaian masker pada wajah.(dok.cambon)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mencerahkan kulit wajah tidak selamanya harus menggunakan bahan-bahan kimia. Bahan alami pun dapat digunakan untuk mencerahkan kulit. 

Salah satunya dengan buah salak. Walaupun hasil yang didapatkan akan lebih lama tapi tidak menimbulkan efek samping. Buah yang memiliki kulit berwarna cokelat ini banyak mengandung vitamin dan antioksidan yang berfungsi sebagai pencerah alami kulit wajah. Benarkah? 

Menurut Teh Ane, seorang herbalis, buah salak dapat membantu mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C 2,00 mg, Vitamin B 0,04 mg, dan kalsium 28,00 mg dapat membantu mengatasi kulit kusam atau mencerahkan kulit. Buah salak dapat dijadikan masker. 

Cara membuat masker salak, ambil beberapa buah salak, setelah itu daging buah diparut sampai halus. Barulah oleskan pada seluruh bagian wajah secara merata. Diamkan masker salak selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih. 

Pemakaian masker salak bisa dilakukan secara rutin 1-2 kali seminggu. Masker buah salak juga bisa dimanfaatkan sebagai krim untuk mencerahkan kulit wajah, dengan cara buah salak diekstrak terlebih dulu. 

Penggunaan masker salak tidak memberikan efek samping. Hanya saja jika Anda menggunakannya secara berlebihan dapat membuat sensasi panas pada kulit. 

Namun hal tersebut hanya terjadi pada saat pemakaian saja dan setelah itu hilang dengan sendirinya. Biasanya hal ini terjadi pada orang yang memiliki kulit sensitif. 

Untuk mencegah sensasi panas, maka pada pemakaian pertama, Anda dianjurkan mencoba terlebih dahulu dengan mengoleskan pada area leher atau lengan agar risiko alergi pada kulit karena tidak cocok dapat diketahui.

Sementara dijelaskan dr. Astrid Tilaar, M.Si, dokter sekaligus herbalis, masalah pencerahan wajah mempunyai beberapa mekanisme dan yang paling banyak adalah inhibitor tirosinase. 

Inhibitor tirosinase merupakan enzim yang menyebabkan terjadinya melanin pada kulit. Jika kulit ada melanin berarti kulit akan semakin hitam.

Dan buah salak yang memiliki kandungan flavanoid dan fenol adalah mekanisme yang berhubungan dengan inhibitor tirosinase sehingga buah salak dapat dijadikan skin brightening atau mencerahkan kulit. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?