• News

  • Cantik & Gaya

Begini Cara Cepat Mengatasi ‘Bruntusan‘ di Wajah

Ilustrasi wajah. (dok.safeas)
Ilustrasi wajah. (dok.safeas)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kulit bruntusan dengan warna kemerahan dan rasa gatal, tentu membuat Anda tidak merasa nyaman. Penampilan kulit wajah pun terganggu karena kulit terlihat tidak halus. 

Apalagi jika bruntusan yang terjadi hingga timbul jerawat. Meski terkesan sepele, namun bruntusan harus segera diatasi dan mengatasinya pun harus tepat. Lalu bagaimana mengatasi kulit bruntusan?

Dijelaskan oleh dr. Mirawati Setyorini, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, untuk mengatasi bruntusan harus diketahui dulu penyebabnya apakah karena penggunaan bahan-bahan kimia pada make up atau terkena paparan sinar matahari tanpa menggunakan tabir surya, agar penangannnya tepat. 

Jika bruntusan yang terjadi tidak terlalu parah, maka menggunakan pelembab saja sudah cukup, atau bedak antialergi. Biasanya diberikan obat minum dengan obat antialergi dan antigatal.

Sebelum obat minum, biasanya diberikan terlebih dulu obat oles yang mengandung antigatal dan antiradang. Tetapi jika dalam beberapa hari tidak sembuh juga, maka diberikan obat minum. 

Umumnya obat-obatan ataupun krim-krim untuk mengatasi bruntusan tersebut mengandung steroid, yang kadarnya tergantung dari berat atau ringannya masalah bruntusan. 

Cara mengatasi bruntusan lainnya adalah mengunakan obat kompres cair agar bruntusan dapat lebih steril. Krim yang mengandung steroid digunakan dengan cara membasahi handuk, lalu diusapkan ke kulit yang mengalami peradangan, sesudah itu minum obat antiradang, serta menggunakan pelembab dengan kandungan bahan kimia yang aman. 

Jika bruntusan sampai menyebabkan acne cosmetica, yang terjadi radang kemerahan biasanya diberikan pengobatan seperti obat antijerawat.

Sementara, untuk mencegah timbulnya bruntusan dan mengatasi bruntusan adalah dengan rutin facial, terutama jika kulit wajah cenderung berkomedo. 

Facial bermanfaat untuk mengangkat komedo, bruntusan dan jerawat. Karena itu sebaiknya melakukan facial sebulan sekali, tetapi jika wajah sangat berminyak, timbul jerawat atau bruntusan maka facial dapat dilakukan lebih sering lagi yaitu dua hingga tiga minggu sekali.

Nah, agar tidak timbul masalah kulit bruntusan, maka sebaiknya Anda mengikuti tips-tips berikut ini:

1. Kosmetik yang akan digunakan harus diuji coba di area depan atau belakang telinga karena daerah tersebut paling sensitif.

2. Harus menyadari diri memiliki kulit yang sensitif sehingga tidak dapat memakai sembarang kosmetik.

3. Menggunakan tabir surya atau sunblock SPF 30 untuk menghindari kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.

4. Menggunakan bahan-bahan make up yang sesuai dengan jenis kulit, non alergenik, non iritan dan tidak memiliki konsentrasi tinggi.

5. Mencuci wajah secara teratur minimal dua kali sehari untuk kulit normal atau kering dan minimal empat kali dalam sehari untuk kulit yang berminyak.

6. Menggunakan pelembab wajah yang disesuaikan dengan jenis kulit. 

7. Mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang memiliki antioksidan yang baik untuk kulit.

8. Mengonsumsi suplemen seperti Vitamin C dan Vitamin E.

9. Mengurangi makan makanan yang pedas, kacang gurih dan lemak.

10. Beristirahat secara cukup dan mengurangi stres, serta melakukan olahraga.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?