• News

  • Editor's Note

Target Asian Para Games 2018 Tak Sekadar Sukses Prestasi

Asian Para Games 2018.
Istimewa
Asian Para Games 2018.

Berita Terkait

JAKARTA, NNC – Saat semangat Asian Games 2018 masih menyala, masyarakat Indonesia kembali akan disuguhkan sebuah ajang internasional terbesar di Asia. Adalah event olahraga Asian Para Games 2018 bakalan menjadi tontonan menarik menjelang tahun politik 2019.

Kita patut bangga bisa menyelenggarakan turnamen sekelas Asian Para Games atau ajang pertandingan bagi para disabilitas yang mewakili negara di Asia. Pasalnya, Indonesia didapuk menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan ketiga setelah Asian Para Games yang pertama kali diadakan di Guangzhou, Tiongkok, tahun 2010 dan Korea Selatan pada tahun 2014.

Asian Para Games 2018 akan digelar pada 6-13 Oktober 2018 di Jakarta. Sebanyak 18 cabang olahraga khusus disabilitas dengan 568 nomor ditampilkan di 19 arena. Sebanyak 8 arena berada di kawasan GBK Senayan, sedangkan 11 lagi tersebar mulai Ancol hingga Sentul.

Cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi panahan, atletik, badminton, boccia, bowling, catur, balap sepeda, goal ball, judo, bowling lapangan, angkat besi, shooting, renang, tenis meja, voli duduk, basket kursi roda, panahan kursi roda, dan tenis kursi roda. Indonesia akan mengirimkan wakil untuk semua cabang olahraga.

Pada gelaran Para Games pertama di Asia ini Indonesia ada di peringkat 14 dari 30 negara yang bertanding. Indonesia mendapat satu emas, lima perak dan lima perunggu.

Sementara, pada perhelatan kedua Indonesia ada di peringkat sembilan dengan sembilan medali emas, 11 perak dan 18 perunggu. Empat medali emas Indonesia berasal dari badminton, dua dari tenis meja, dan tiga dari renang.

Selain ketiga cabang olahraga itu, Indonesia juga mendapat medali perak dan perunggu dari atletik dan angkat besi.

Tentu saja, peluang untuk bisa mendulang prestasi di negeri sendiri terbuka lebar. Setidaknya ajang Asian Para Games 2018 bisa menyaingi prestasi yang ditoreh pada Asian Games 2018. Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (INAPGOC) terus berupaya maksimal demi mengejar sukes prestasi bagi para atlet.

Ramah Disabilitas

Sebetulnya ada misi lain yang lebih mulia selain mengejar prestasi atau sukses penyelenggaraan. Gelaran Asian Para Games 2018 seharusnya bisa untuk membangun legacy agar setelah kegiatan ini berakhir, Indonesia dikenal oleh dunia sebagai sebuah negara yang terus memperbaiki sarana dan prasarana untuk disabilitas serta ramah disabilitas.

Sebagaimana amanat dari Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, pasal 15 ayat 1 yakni Hak Keolahragaan. Dalam pasal ini disebutkan penyandang disabilitas berhak melakukan kegiatan keolahragaan, mendapatkan penghargaan yang sama dalam kegiatan keolahragaan, memperoleh pelayanan dalam kegiatan keolahragaan, memperoleh sarana dan prasarana keolahragaan yang mudah diakses

Wakil Ketua Umum Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (INAPGOC), Sylviana Murni tidak menampik tujuan utama kesuksesan Asian Para Games 2018 bukan sekadar prestasi.  Lebih dari itu, Asian Para Games 2018 diharapkan membuka pemahaman bahwa Indonesia merupakan negara yang ramah terhadap kaum disabilitas.

Kesan ramah tersebut timbul dari penyediaan fasilitas-fasilitas umum di arena pertandingan, penginapan, dan tempat umum yang dapat dengan mudah diakses kaum disabilitas.

“Meskipun belum sempurna, kita sudah berusaha keras. Beberapa masalah muncul karena arena yang digunakan untuk Asian Para Games adalah situs sejarah seperti Stadion Utama GBK, jadi tidak bisa diubah begitu saja. Untuk mengakalinya, kita sediakan fasilitas disabilitas yang sifatnya temporer,” ujar mantan Walikota Jakarta Pusat itu lagi.

Semoga Asian Para Games 2018 berjalan dengan sukses. Bisa memberikan hiburan sekaligus menjadi ajang bagi para disabilitas untuk membela Indonesia dari cabang olahraga di kancah internasional.

Seperti yang diucapkan CEO APC, Tarek Souei. Ia mengatakan Asian Para Games 2018  akan menjadi event penting untuk semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan olahraga penyandang disabilitas.

Dia juga mengatakan bahwa Asian Para Games 2018 akan mencatat banyak rekor. Hingga saat ini sudah tercatat lebih dari 3.000 atlet dan sekitar 1.800 ofisial akan terlibat dalam Asian Para Games 2018, yang merupakan jumlah tertinggi yang pernah ada dalam sejarah Asian Para Games.

.

 

Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?