• News

  • Ekonomi Makro

IAI: Ilmu Akuntasi Harus Menghadapi Tantangan Strategi di Era Digital

Wamenkeu Mardiasmo
Istimewa
Wamenkeu Mardiasmo

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia Mardiasmo mengatakan tantangan ilmu akuntansi untuk menjalankan perannya akan semakin berat seiring dengan perubahan masif strategi di era digital.

"Peran ilmu akuntasi ini tantangannya makin berat. Di Indonesia itu spektrumnya sangat luas tidak hanya sektor pemerintah, namun BUMN dan BLU (badan layanan umum) juga butuh akuntansi yang luar biasa untuk mempertanggungjawabkan," kata Mardiasmo dalam seminar IAI di Jakarta, Kamis (19/9/2017).

Mardiasmo yang juga menjabat Wakil Menteri Keuangan mengatakan bahwa perkembangan era digital memungkinkan audit keuangan yang mulai memanfaatkan teknologi informasi.

Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada tersebut mengatakan, peranan akuntansi kini tidak lagi terbatas pada book-keeping, namun mencakup pula pola perencanaan bisnis dan pengendalian internal.

Analisis yang terkait ilmu akuntansi juga akan berpindah dari sifat retrospektif menjadi prediktif. "Selain mengikuti perkembangan teknologi informasi, akuntan masa kini juga menghadapi tuntutan untuk melengkapi dirinya dengan berbagai pengetahuan tentang model operasi bisnis terbaru," kata Mardiasmo.

Ia menginginkan adanya peran pendampingan mengenai pelaporan keuangan, misalnya terkait dengan standar akuntasi pemerintah desa dan sistem akuntasi keuangan desa.

"Mahasiswa yang KKN (kuliah kerja nyata) ke desa bisa mengajari sistem akuntansi desa. Karena kalau masih tradisional, misalnya dalam menyusun RAB (rancangan anggaran biaya) untuk membangun bendungan, nanti tidak bisa memisahkan mana biaya dan mana aset," kata Mardiasmo.

Ia menjelaskan dengan pemberlakuan standar akuntasi pemerintah desa dan sistem akuntasi keuangan desa akan membuat masyarakat desa bisa mengawasi pengelolaan penerimaan desa.

Reporter : Pramirvan Datu Aprilatu
Editor : Firman Qusnulyakin

Apa Reaksi Anda?