Sabtu, 25 November 2017 | 06:51 WIB

  • News

  • Ekonomi Makro

Sederhanakan Golongan Listrik, PLN Terjunkan 80.000 Petugas Instalasi

Meteran Listrik
Rumah
Meteran Listrik

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - PT PLN (Persero) dan Kementerian ESDM sedang menyiapkan program penyederhanaan golongan listrik pelangggan.

Untuk itu, PLN siapkan pasukan untuk mengganti instalasi listrik di setiap rumah akan dilakukan hingga Juni 2018.

"Penggantian instalasi kenaikan dayanya kita lakukan hingga Juni 2018," ujar Direktur Utama PLN Sofyan Basir, Senin (13/11/2017).

Dia menjelaskan pihaknya menyiapkan 80.000 karyawan untuk penggantian instalasi daya listrik. Adapun, kenaikan dan penambahan daya digratiskan agar masyarakat tidak dibebani.

"Input dari rayon. (Biaya tambah daya) pertama, naik 2,1 juta. Naik lagi Rp 5 juta, sampai Rp 7 juta. Biayanya kemahalan. Saya pikir supaya itu aman mending digratiskan saja," tegasnya.

Meskipun demikian, kebijakan penyederhanaan tersebut saat ini masih digodok Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN (Persero).

"Ini kan mau bicara dulu sama Pak Menteri besok pagi. Kalau masyarakat butuh cepet, lebih bagus kan," jelas Sofyan.

Seperti diketahui, pemerintah akan menyederhanakan golongan pelanggan listrik rumah tangga non-subsidi akan disederhanakan. Nantinya, pelanggan dengan golongan listrik 1.300 VA, 2.200 VA, serta 3.300 VA, akan dinaikkan menjadi 4.400 VA.

Reporter : Pramirvan Datu Aprilatu
Editor : Firman Qusnulyakin

Apa Reaksi Anda?