Selasa, 21 November 2017 | 07:49 WIB

  • News

  • Ekonomi Makro

JK: Penyederhanaan Penggolongan Listrik Justru Mudahkan Rakyat Indonesia

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Istimewa
Wakil Presiden Jusuf Kalla

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla ( JK) beri jaminan jika penggolongan pelanggan listrik tidak bakal bebani rakyat Indonesia, Hal itu justru akan memudahkan rakyat mendapatkan akses listrik yang sesuai kebutuhan.

"Itu kan memudahkan (mendapatkan akses listrik yang sesuai kebutuhan)," kata JK, Rabu (15/11/2017).

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu pastikan, penyederhanaan golongan pelanggan listrik tidak akan membebani rakyat. Namun, dia tetap mengingatkan kepada rakyat untuk menggunakan listrik sesuai kebutuhan.

"Tergantung Anda pakai berapa, bukan sistemnya. Membebani kalau terus pake AC-nya walaupun tidak ada di kamar AC jalan terus, ya pasti beban," kata JK.

Tak hanya itu, Wapres JK juga meyakini adanya penyederhanaan ini bisa memudahkan pembagian golongan listrik yang memiliki tarif sama.

"Supaya orang jangan ragu-ragu dalam hal pemakaian listrik, bahwa kita sanggup. Itu kan dulu-dulu berapa macam 16 atau berapa, kita sekarang sudah lebih simple lagi. Tujuannya untuk menyederhanakan sistem," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah berencana melakukan penyederhanaan golongan pelanggan listrik. Ke depan, golongan pelanggan listrik rumah tangga hanya terbagi menjadi tiga yakni subsidi 450 VA dan 900 VA, nonsubsidi 4.400 VA dan 13.000 VA, dan nonsubsidi 13.000 VA ke atas (loss stroom).

Reporter : Irawan Hadi Prayitno
Editor : Firman Qusnulyakin

Apa Reaksi Anda?