Selasa, 16 Januari 2018 | 18:41 WIB

  • News

  • Ekonomi Makro

Masyarakat Kepulauan Togean Nikmati BBM Satu Harga

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa
Twitter BPH Migas
Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa

JAKARTA, NNC - Masyarakat yang bermukim di wilayah kepulauan Togean Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, telah menikmati Program BBM satu harga sejak stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Kompak mulai beroperasi di daerah tersebut sejak akhir Desember 2017. 

"Kami benar-benar merasakan bagaimana rasanya merdeka. Karena harga bahan bakar minyak di kepulauan sudah sama dengan daerah yang lain," ungkap Kepala Desa Unauna Kecamatan Unauna Sukri Dg Situdju dalam siaran pers yang diterima, Jumat (12/1/2018).

Hal itu diungkapkan Sukri kepada Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi ( BPH Migas) Fanshurullah Asa saat melakukan kunjungan kerja ke daerah tersebut. 

Sukri mengatakan, sebelum Program BBM satu harga ini diluncurkan, harga bahan bakar di kepulauan Togean mencapai Rp10.000/liter. Bahkan, saat musim angin barat bertiup, harga BBM bisa mencapai angka Rp12.000/liter. 

"Tapi sejak SPBU kompak ini resmi beroperasi di Dusun Muara Bandeng, Desa Unauna, Kecamatan Unauna, kelangkaan BBM dan harga yang mahal sudah dapat diatasi," tandasnya. 

Kepala BPH MIGAS Fanshurullah Asa mengatakan, kedatangannya ke Kepulauan Togean adalah untuk melihat langsung kondisi di lapangan untuk memastikan pelaksanaan program ini sudah berjalan dengan baik. 

"Kita lihat bagaimana pola distribusinya, ketersediaan stok di SPBU maupun bagaimana respons masyarakat terhadap program ini," tuturnya.

Reporter : Pramirvan Datu Aprilatu
Editor : Firman Qusnulyakin

Apa Reaksi Anda?