• News

  • Ekonomi Makro

Mulai 17 Januari 2018, Garuda Buka Rute Baru Makassar-Palembang

Pesawat Garuda Indonesia
Garuda Indonesia
Pesawat Garuda Indonesia

Berita Terkait

JAKARTA, NNC - Maskapai PT Garuda Indonesia membuka rute Makassar-Palembang PP dalam rangka memperkuat jaringan penerbangan domestik sekaligus untuk meningkatkan layanannya kepada pengguna jasa mulai 17 Januari 2018.

Direktur Marketing & Teknologi Informasi Garuda Indonesia Nina Sulistyowati dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu menyatakan pembukaan layanan penerbangan langsung tersebut juga merupakan langkah strategis Garuda Indonesia dalam meningkatkan potensi dan memperluas pangsa pasar penerbangan domestik, khususnya dengan menyediakan konektivitas langsung antara Makassar dan Palembang sebagai salah satu pusat perekonomian terbesar di Indonesia bagian Timur dan Barat.

"Selain itu, masyarakat juga akan jauh lebih terbantu karena tidak perlu melakukan transit lebih dahulu di Jakarta jika ingin melakukan perjalanan antara kedua kota tersebut. Pembukaan rute ini kami harapkan dapat semakin memajukan pengembangan pariwisata di Indonesia. Hal ini menjadi komitmen kami untuk terus mendukung program pemerintah untuk mendorong pariwisata nasional dengan mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan pada 2019, ujar Nina Sulistyowati.

Melalui penerbangan langsung ini, pengguna jasa dari Palembang dapat menikmati penerbangan lanjutan ke berbagai destinasi wisata di bagian timur Indonesia seperti Sorong, Ambon, Jayapura, Timika, Merauke, dan Biak maupun destinasi di bagian barat Indonesia seperti Bengkulu, Jambi, Pangkal Pinang, Tanjung Pandan, serta Lampung.

Penerbangan Makassar-Palembang pp tersebut akan dilayani dengan menggunakan armada Bombardier CRJ 1000 berkapasitas 96 penumpang sebanyak empat kali dalam seminggu setiap Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.

Penerbangan langsung tersebut berangkat dari Makassar dengan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA274 pada pukul 17:55 WITA dan tiba di Palembang pukul 19:35 WIB.

Penerbangan dari Palembang berangkat dengan GA275 pada pukul 20:15 WIB dan tiba di Makassar pada pukul 23:55 WITA.

Sebelumnya, Garuda Indonesia juga telah melayani penerbangan langsung Medan-Makassar pp sejak Desember 2017 lalu.

Upaya berkelanjutan Penerbangan langsung tersebut dioperasikan untuk menandai upaya berkelanjutan perusahaan dalam meningkatkan konektivitas antar kota di Indonesia, khususnya dalam hal ini Medan sebagai salah satu hub penerbangan Indonesia bagian Barat dan Makassar sebagai hub penerbangan Indonesia bagian Timur.

Penerbangan langsung Medan-Makassar pp dilayani Garuda Indonesia setiap harinya dengan menggunakan armada Bombarbider CRJ 1000 berkapasitas 96 penumpang dengan waktu tempuh tiga jam 50 menit. Penerbangan Medan-Makassar tersebut dijadwalkan berangkat Pukul 18.00 WIB dan akan tiba di Makassar pada pukul 22.50 WITA.

Jadwal penerbangan Makassar-Medan berangkat pada pukul 20.00 WITA dan akan tiba di Medan pada pukul 22.40 WIB.

Selain memperkuat jaringan penerbangan domestik, Garuda Indonesia juga terus mengembangkan jaringan penerbangan internasionalnya dengan membuka rute penerbangan berjadwal Denpasar-Xi'an pp mulai 29 Januari 2018 dan Denpasar-Zhengzhou pp mulai 30 Januari 2018.

Dibukanya layanan penerbangan tersebut merupakan bagian dari upaya berkelanjutkan perusahaan dalam memaksimalkan potensi pasar Tiongkok yang semakin menjanjikan.

Layanan penerbangan Denpasar-Xian pp akan dilayani sebanyak dua kali per minggu dengan menggunakan armada Airbus A330 berkapasitas 360 penumpang.

Layanan penerbangan tersebut berangkat setiap hari Senin dan Jumat dari Denpasar pukul 16.55 local time dan tiba di Xian pada pukul 00.25 waktu setempat.

Penerbangan Denpasar-Zhengzhou pp akan dilayani sebanyak tiga kali seminggu dengan menggunakan armada Airbus A330-300.

Layanan penerbangan tersebut berangkat setiap hari Selasa, Kamis, dan Minggu dari Denpasar pada pukul 11.35 waktu setempat dan tiba di Zengzhou pada pukul 18.25 waktu setempat.

Saat ini, Garuda Indonesia telah melayani sedikitnya 63 penerbangan setiap minggunya yang terdiri dari penerbangan langsung ke kota-kota di Tiongkok seperti Denpasar-Chengdu pp, Denpasar-Beijing pp, Denpasar-Guangzhou pp, Denpasar-Shanghai pp, Jakarta-Guangzhou pp, Jakarta-Beijing pp, dan Jakarta-Shanghai pp.

Editor : Sesmawati

Apa Reaksi Anda?