Senin, 26 Februari 2018 | 00:33 WIB

  • News

  • Ekonomi Makro

DPR Tunggu Presiden Ajukan Nama Para Calon Gubernur BI

Ketua Komisi XI DPR RI, Melchias Markus Mekeng.
Infonawacita
Ketua Komisi XI DPR RI, Melchias Markus Mekeng.

JAKARTA, NNC - Ketua Komisi XI DPR RI, Melchias Markus Mekeng menyatakan bahwa pihaknya belum dapat memberikan komentar terkait nama-nama yang disebut akan dicalonkan sebagai Gubernur Bank Indonesia untuk periode 2018-2023. Hingga saat ini, Komisi XI masih menunggu calon-calon yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo.

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi sebelumnya menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah menentukan sejumlah nama yang akan diajukan ke DPR untuk menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) sebagai calon Gubernur Bank Indonesia.

"Pak Sofjan bukan pihak yang mempunyai kewenangan, yang berhak adalah Presiden dan diajukan ke DPR," kata Mekeng kepada wartawan di Jakarta, Senin (12/2/2018).

Ia menegaskan bahwa hingga saat ini Komisi XI belum menerima nama-nama yang diajukan Presiden sehingga tidak dapat memberikan tanggapan atas nama-nama yang sempat disebutkan oleh Ketua Tim Ahli Wapres tersebut. "Kalau Presiden sudah mengajukan ke DPR, bisa kami tanggapi soal kriteria mereka," ujarnya.

Pada akhir pekan lalu, Sofjan Wanandi mengungkapkan bahwa Presiden akan mengajukan kepada DPR nama-nama berikut ini; Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, mantan Menkeu Chatib Basri, Deputi Gubernur BI aktif Perry Warjiyo, dan Agus Martowardojo selaku Gubernur BI saat ini.

Reporter : Irawan Hadi Prayitno
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?