Minggu, 25 Februari 2018 | 20:37 WIB

  • News

  • Ekonomi Makro

Aturan Baru Penjatahan Saham Bakal Terbit di Kuartal II 2018

Peraturan bidang pasar modal terkait penjatahan saham bagi investor dan institusi dalam aksi IPO.
Newsline
Peraturan bidang pasar modal terkait penjatahan saham bagi investor dan institusi dalam aksi IPO.

JAKARTA, NNC - Peraturan bidang pasar modal terkait penjatahan saham bagi investor dan institusi dalam aksi Penawaran Umum Perdana Saham atau IPO bakal sebelum semester I 2018 berakhir.

"Aturan ini sedang difinalisasi, mudah-mudahan jadi di semester I-2018 ini," ujar Samsul Hidayat, Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat, di Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Ia menjelaskan, pada awalnya peraturan diperkirakan bakal meluncur di kuartal I 2018, tapi karena waktunya tinggal sebentar lagi, maka dimundurkan menjadi kuartal II di tahun ini.

"Mestinya kuartal II, karena kuartal I sudah mau habis," kata Samsul.

Menurutnya, dengan adanya peraturan ini maka akan meningkatkan likuiditas dan kepemilikan saham lebih bertambah. ‎"Karena kita ingin buat IPO ini bisa lebih dirasakan oleh semua pihak. Oleh karena itu, porsi pooling-nya dilebarkan," tuturnya.

‎Lebih lanjut, Samsul mengatakan, pihaknya belum dapat mengungkapkan berapa besar porsi penjatahan saham ke investor ritel. Pasalnya, besaran tersebut baru akan ditentukan dari valuasi dan nilai IPO perusahaan yang akan dilepas ke publik.

Reporter : Irawan Hadi Prayitno
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?