• News

  • Ekonomi Makro

Kementerian Ketenagakerjaan Bentuk Satgas Tenaga Kerja Asing

Menaker Hanif Dhakiri
Edunews
Menaker Hanif Dhakiri

JAKARTA NNC - Kementerian Ketenagakerjaan bakal memperketat penyeberan Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia. Nanti langkah itu bakal diawasi langsung oleh Satuan Tugas (Satgas) baru dibentuk. 

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menjelaskan pihaknya sudah meresmikan Satgas tersebut, melalui Keputusan Menaker Nomor 73 Tahun 2018 tentang pembentukan Satgas TKA.

Hanif Dhakiri menambahkan tindaklanjut rekomendasi panja Komisi IX terkait pengawasan TKA dan sekaligus tindaklanjut Perpres Nomor 20 Tahun 2018. 

"Kita bentuk Satgas Pengawasan TKA yang akan bekerja enam bulan ke depan dan kita evaluasi eksistensi peranan dan fungsi pada masa berikutnya," kata Hanif Dhakiri kepada wartawan di Jakarta, Jumat, (18/5/2018).

Hanif Dhakiri menuturkan dengan keputusan ini tentu saja sebagai iringan aturan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. 

lndonesia merupakan negara terbuka yang tidak melarang keberadaan TKA. UU tersebut, kata dia, mengamanatkan pengaturan penggunaan TKA di Indonesia.

"Satgas untuk menjembatani aspirasi di masyarakat terkait TKA, bahwa negara kita pada dasarnya terbuka. TKA yang mau masuk dan kerja di Indonesia sesuai UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003, TKA diatur bukan dilarang maka boleh masuk sesuai dengan ketentuan," tutupnya.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Firman Qusnulyakin

Apa Reaksi Anda?