• News

  • Ekonomi Makro

Dana Desa Digunakan untuk Pelatihan Jurnalistik di Lampung Timur

Ilustrasi Dana Desa
Elshinta
Ilustrasi Dana Desa

LAMPUNG, NNC - Lembaga Swadaya Masyarakat di Lampung Timur menyoroti Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) setempat. Pasalnya, ada program terkait penggunaan dana desa yang tidak logis.

Program ini dengan menggelar pelatihan jurnalistik dengan salah satu media.

Ketua LSM TEGAR melalui Ashari Nizar mengatakan, pihaknya dapat informasi pelatihan untuk para kepala desa yang dilakukan oleh DPMPD Lamtim dianggap membebankan biaya pelatihan untuk 264 desa yang ada di kabupaten Lampung Timur itu dicurigai mengunakan dana desa.  

Merangkum lampungtoday, Jumat (18/5/2018) diungkapkan ternyata kegiatan yang diperuntukan pelatihan jurnalis, namun tidak jurnalis, yang ada malah para kepala desa.

“Anehnya, kegiatan utama pelatihan jurnalis ini dimaksudkan agar para kepala desa tidak takut untuk menghadapi para wartawan. Dalih yang disampaikan kadis PMPD tersebut sangat tidak masuk akal,” kata Ashari mengutip laman tersebut.

Pihak LSM serasa tidak percaya dana desa yang dikucurkan pemerintah untuk pembangunan desa, dipergunakan untuk kegiatan pelatihan jurnalis bagi para kades. Dana yang dipergunakan untuk pelatihan menurutnya tidak ada dalam anggaran desa. 

"Setahu kami, yang ada di desa-desa yang digunakan untuk kegiatan pembangunan desa," katanya.

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Firman Qusnulyakin

Apa Reaksi Anda?