• News

  • Ekonomi Makro

Pabrik Kereta Api Terbesar di Indonesia Dibangun di Banyuwangi Pertengahan Desember Ini

Pabrik Kereta Api
Pabrik Kereta Api

JAKARTA, NNC – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas Jumat (7/12/2018) di Banyuwangi, Jawa Timur, mengungkap bahwa pabrik kereta api terbesar dengan daya serap 3500 tenaga kerja akan dibangun di daerahnya pada pertengahan Desember 2018 dan beroperasi 2020. Prabik ini dibangun dengan investasi Rp1,6 triliun.

Menurut Anas, kepastian rencana pembangunan [abrik kereta tujuan ekspor ini dia dapat setelah bertemu direksi PT Industri Kereta Api ( INKA). INKA adalah salah satu badan usaha milik negara yang selama ini menangani industri kereta api.

Industri kereta api ini, kata Anas, diharapkan menjadi stimulan baru perekonomian di daerahnya. 

Banyuwangi sendiri selama ini menggarap sektor pariwisata secara besar-besaran untuk menggandakan pendapatannya. Dan, industri kereta api ini bisa menjadi mata rantai yang menggerakkan sektor pariwisata.

Lewat industri kereta ini, kata Anas, INKA akan menyerap tenaga kerja, termasuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan sekolah kejuruan.

Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro mengaku sudah dan sedang menyiapkan pembangunan pabrik kereta tersebut. Proses perizinan tidak menjadi kendala karena pemerintah daerah memberi dukungan positif.

Pabrik kereta ini, katanya, akan dibangun di lahan seluas 83 hektare, menggunakan lahan milik BUMN PTPN XII. Investasi pembangunan pabrik ini diperkirakan mencapai Rp1,6 triliun. Pabrik ini akan menjadi lokasi industri INKA yang terbesar, karena pabrik INKA di Madiun hanya 22 hektare.

"Targetnya pabrik dapat beroperasi pada awal 2020," ujar Budi.

Dengan menjadi pabrik terbesar, tambah Budi, otomatis kapasitas produksinya juga akan lebih banyak. Jika pabrik kereta di Madiun hanya memproduksi satu gerbong per hari,  pabrik di Banyuwangi akan memproduksi hingga 3 gerbong sehari.

Lokasi pabrik ini sangat strategis. Dekat dengan Pelabuhan Tanjung Wangi yang dikelola PT Pelindo III, lebih menyingkat waktu pengiriman ke luar negeri.

Editor : Krista Riyanto

Apa Reaksi Anda?