• News

  • Ekonomi Makro

Permudah Sistem Pembayaran Online, BCA Luncurkan OneKlik

BCA rilis OneKlik ntuk mudahkan pembayaran Online
NNC/PD Djuarno
BCA rilis OneKlik ntuk mudahkan pembayaran Online

JAKARTA NNC - BCA meluncurkan sistem pembayaran terbaru bertajuk OneKlik pada Rabu (9/1/2019). Sistem tersebut dibuat untuk mempersingkat proses pembayaran yang membutuhkan langkah panjang di platform e-commerce.

Dengan OneKlik, nasabah BCA dapat melakukan pembayaran pada aplikasi marketplace melalui 1 kali klik. Nasabah hanya perlu mendaftarkan rekening BCA sebagai sumber dana, kemudian dapat digunakan dalam proses belanja di e-commerce.

Wakil Presiden Direktur BCA, Armand W. Hartono, menjelaskan, untuk mempersingkat waktu pembayaran menjadi satu klik, BCA membuat OneKlik.

"Karena di marketplace, satu klik saja itu bisa memengaruhi drop down transaksi. Misal kalau lagi lihat-lihat barang di marketplace, mau beli, pas mau bayar ada telpon sedangkan prosesnya belum selesai, tidak jadi deh transaksinya," ujar Armand di Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Sekedar informasi, terdapat limit transaksi dalam OneKlik yang ditentukan oleh BCA, yakni sebesar Rp1 juta. Nasabah pun bisa menentukan limit hariannya saat proses registrasi untuk menghindari pemakaian dana yang mencurigakan. Hal itu berkaitan dengan alasan keamanan.

Armand menambahkan, Klikplay setiap transasksi ada OTP.

"Kalau OneKlik hanya 1 kali OTP, yakni di registrasi. Namun ada limit transasksi dari BCA, yakni 1 juta," tambahnya.

Karena terhubung dengan marketplace, secara otomatis OneKlik dapat digunakan untuk pembayaran tagihan listrik, pulsa, dan sebagainya. Lebih lanjut, ada kemungkinan OneKlik untuk bermitra dengan partner di sektor selain e-commerce.

"Permintaan paling banyak dari e-commerce, tapi memungkinkan juga untuk kerja sama di luar e-commerce," ungkap Armand.

OneKlik telah diuji coba secara terbatas sejak tahun lalu, dengan lingkungan yang disetujui Bank Indonesia saja. Sementara untuk versi lengkap dari OneKlik, sudah tersedia di platform Shopee, Blibli, dan untuk top up Go-Pay.

"Marketplace yang lain masih menunggu semua proses selesai, baru bisa diumumkan. Kalau untuk sekarang belum bisa diberitahu namanya. Kami terbuka untuk menjalin mitra dengan marketplace," kata Armand lagi.

Peluncuran OneKlik ini menambah opsi pembayaran berbasis API dari BCA. Selain OneKlik, BCA juga memiliki fitur kode QR dalam Sakuku. Begitu pula dengan virtual account, online transfer, mutasi rekening, dan sebagainya.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Firman Qusnulyakin

Apa Reaksi Anda?