• News

  • Ekonomi Makro

Cetak Pilot dalam Waktu 115 Hari, 14DAYPILOT Flight Academy Raih Rekor Muri

Penyerahan Rekor MURI kepada Captain Gema Goeyardi, Founder 14DAYPILOT FLIGHT ACADEMY.
Istimewa
Penyerahan Rekor MURI kepada Captain Gema Goeyardi, Founder 14DAYPILOT FLIGHT ACADEMY.

JAKARTA, NNC - Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan apresiasi atas pencapaian 14DAYPILOT FLIGHT ACADEMY, LLC sebagai sekolah pilot pertama di dunia yang berhasil memecahkan rekor dunia dalam mencetak Commercial Pilot Instrument Rating tercepat di dunia. Apresiasi diberikan karena mampu mendidik calon pilot hanya dalam waktu 115 hari dengan lisensi dari Federal Aviation Administration (FAA) USA. 

Adapun, pilot yang berhasil lulus dalam 115 hari adalah Farandi Angesti, seorang pilot muda asal Indonesia berusia 19 tahun, yang lulus pada Juni 2018 lalu. 

Lazimnya, program commercial pilot di Indonesia memakan waktu 1-1.5 tahun dan di Amerika kurang lebih 6 -9 bulan. Penghargaan The Fastest Commercial Pilot Training in The World dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mewakili pencapaian tertinggi dan pertama oleh industri sekolah pilot dunia.

Capt Gema Goeyardi, selaku founder 14DAYPILOT dan peramu metode accelerated flight training mengungkapkan, perlu bekerja ekstra keras, memiliki kemampuan bahasa Inggris tinggi dan mampu bekerja sebagai tim selayaknya atlit dunia dan pelatihnya untuk mencetak lulusan pilot FAA dengan waktu cepat.

"Saya menemukan rahasia besar dalam metode pengajaran, manajemen flight training, dan penetapan silabus untuk mencetak pilot dalam waktu singkat dengan harga terjangkau, dan berkualitas dunia yakni mengacu pada standard FAA," katanya di Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Ia menuturkan, banyak rekan sejawat di AS yang juga bertanya bagaimana siswa 14DAYPILOT mampu lululs dalam waktu secepat itu. Jawabannya adalah motivasi untuk study super hard 12 jam setiap hari menjadi kunci. "Tidak perlu jago matematika atau fisika karena itu tidak relevan," imbuhnya.

Selanjutnya, kata Gema, dari sisi manajemen harus melayani siswa dengan hati, dan terus motivasi mereka. Tidak main pukul, dan selalu profesional membangun lingkungan belajar yang nyaman tanpa budaya militer. 

"Kami memastikan bahwa mereka harus terbang setiap hari 3-5 Jam, dan dengan fasilitas 1 siswa 1 pesawat dan 2 senior instruktur secara dedicated semua bisa tercapai. Selain itu faktor cuaca di Los Angeles sangat bagus hampir sepanjang tahun," kata Gema yang juga pemegang rekor dunia lulus FAA Private Pilot dan Instrument Rating dalam waktu 24 hari.

Untuk diketahui, 14DAYPILOT Flight Academy,LLC adalah sekolah pilot dibawah naungan regulasi FAA yang merupakan anak perusahaan Astronacci International, didirikan pada tahun 2016 oleh Gema Goeyardi

14DAYPILOT adalah satu-satunya di Asia yang juga memegang lisensi TSA Flight Training Provider dan FAA Safety Training Provider yang di audit setiap tahun. Dengan konsep Luxury Servicen, liburan sambil sekolah pilot, 14DAYPILOT membidik pangsa pasar Business Owner, Airplane Owner, Professional yang memiliki hobi terbang dari kecil dan ingin jadi commercial pilot tapi kesulitan mencari waktu sekolah dan fleksibilitas usia serta kesehatan. 

Ia menambahkan, kebutuhan pilot dunia akan berkembang luas dan negara-negara di Asia akan sangat membutuhkan pilot dalam 10 tahun mendatang dengan gaji yang besar hingga US$300.000 setahun seperti China dan memang mereka membutuhkan pilot berlisensi FAA. 

Selain itu, Indonesia negara kepulauan pasti akan memiliki banyak bandara dan General Aviation akan maju dalam 20 tahun ke depan. 14DAYPILOT siap melayani masyarakat awam dan para penghobi untuk memiliki lisensi pilot. 

"Dalam pengembangan bisnis, kami juga membuka peluang untuk Indonesia Agent partner dalam memperkenalkan program accelerated training ini. Kini siapapun bisa jadi pilot dalam waktu mulai dari 14 Hari dengan biaya tidak lebih dari Rp300 Juta untuk lisensi Private Pilot FAA. " pungkas Gema.

Selain itu, 14DAYPILOT Juga memiliki AIRLINE ACADEMY dimana pesertanya adalah calon pilot muda yang ingin berkarir di Airline dan akan menempuh Pendidikan dari Private pilot hingga Commercial Pilot Multi Engine Instrument Rating dalam waktu 120 Hari dan dilanjutkan dengan Type Rating di Boeing 737NG atau Airbus A320. 

Sejak didirikan pada 2016, 14DAYPILOT telah berhasil mencetak 20 orang pilot yang berasal dari berbagai negara. Tahun ini, 14DAYPILOT menargetkan dapat merekrut 20 orang siswa dengan target utama dari negara Singapura dan Malaysia. 

 

 

 

Editor : Irawan.H.P

Apa Reaksi Anda?