• News

  • Ekonomi Makro

Pemerintah Mulai Ajukan RAPBN 2018 Bersama DPR pada Rapat Paripurna

Sidang Paripurna DPR
Istimewa
Sidang Paripurna DPR

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mulai lakukan pembahasan Laporan Badan Anggaran atas Hasil Pembahasan tentang Pembicaraan Pendahuluan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) dan Rencana Kerja Pemerintah 2018.  

Hal itu dilakukan pada rapat Paripurna dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di komplek Senayan. Di depan legislatif, Menkeu bersama rombongan turut membahas pandangan fraksi sisa laporan APBN 2017.

Rapat pun dibuka oleh perwakilan DPR, Ketua Badan Anggaran (Banggar) Azis Syamsuddin menjelaskan pokok pembahasan berdasarkan UU MD3 dan Tata tertib DPR, Badan Anggaran telah melakukan pembahasan dengan Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, dan Gubernur Bank Indonesia pada tanggal 6 Juni—5 Juli 2017. 

"Tanggal 30 Mei 2017, Fraksi-Fraksi DPR RI telah menyampaikan Pandangan Fraksi atas kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal RAPBN 2018. dilanjutkan dengan Tanggapan Pemerintah terhadap pandangan Fraksi-Fraksi tersebut pada tanggal 6 Juni 2017 dalam rapat paripurna," ungkap Azis di Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Azis menuturkan pada tata tertib dikatakan, Banggar bertugas untuk melakukan pembahasan Pembicaraan Pendahuluan RAPBN dan harus selesai paling lambat pada Juli.

"Dalam pembahasan disepakati membentuk 4 (empat) Panitia Kerja (Panja), yaitu: (1) Panja Asumsi Dasar, Kebijakan Fiskal, Pendapatan, Defisit dan Pembiayaan RAPBN tahun 2018, (2) Panja RKP dan Prioritas Anggaran Tahun 2018, (3) Panja Kebijakan Belanja Pemerintah Pusat RAPBN tahun 2018, dan (4) Panja Kebijakan Transfer ke Daerah dan Dana Desa RAPBN tahun 2018, dan telah melakukan rapat pada tanggal 7 Juni -14 Juni 2017. Selain itu juga dibentuk Tim Perumus Laporan Panja dari masing-masing Panja dan telah melakukan pembahasan pada 3 Juli-4 Juli 2017," jelasnya.

Rombongan Menkeu yang hadir adalah Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo. Rapat Paripurna kali ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan.

Reporter : Pramirvan Datu Aprilatu
Editor : Firman Qusnulyakin

Apa Reaksi Anda?