Senin, 26 Februari 2018 | 00:32 WIB

  • News

  • Ekonomi Mikro

Presiden dan Menteri Eko Tinjau Normalisasi Sungai di Wai Hatukau Ambon

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo meninjau normalisasi sungai di Ambon.
Istimewa
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo meninjau normalisasi sungai di Ambon.

AMBON, NNC - Beberapa desa di Ambon, salah satunya Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau mendapatkan bantuan dana desa untuk normalisasi sungai Wai Hatukau dengan skema padat karya tunai.

Pekerjaan ini langsung ditinjau Presiden Joko Widodo dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Dalam keterangan pers yang didapat wartawan, Rabu (14/02/2018) disebutkan bahwa normalisasi sungai dilakukan dengan cara pengerukan untuk mencegah banjir ketika air pasang atau musim hujan tiba.

Setibanya di lokasi, Presiden Jokowi dan Menteri Eko yang meninjau loksi normalisasi sungai itu disambut hangat ratusan warga. Presiden dan menteri pun menyapa warga yang tengah normalisasi sungai Wai Hatukau.

Sementara itu, warga bekerja dengan mengeruk sungai menggunakan cangkul. Lantaran alat berat tak bisa masuk akibat gang sempit dengan kawasan padat penduduk.

"Sekarang baru di Kemendes dan KemenPU. Nanti yang lain-lain pasti ada," ujar Jokowi di Ambon, Maluku, Rabu (14/2/2018).

Sementara Menteri Eko menerangkan, hasil musyawarah desa tersebut memutuskan untuk memberdayakan masyarakat desa secara padat karya.

"Ini (sungai) kalau pagi kering. Kalau musim hujan bisa sampai naik ke atas. Sekarang mereka bersihin sampah aja, tapi kalau pagi kering mereka (pekerja) keruk juga," ujar Menteri Eko.

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?