• News

  • Gaya Hidup

Demi Diecast Produksi Perdana, Pria Ini Rela Habiskan Puluhan Juta

Ilustrasi diecast mobil di gelaran IDE 2018.
FB Indonesia Diecast Expo
Ilustrasi diecast mobil di gelaran IDE 2018.

TANGERANG, NNC - Tanu Widjaja, seorang kolektor diecast mengaku kerap bawa uang puluhan juta untuk ikut lelang dan berburu miniatur mobil mainan tersebut. Baginya, uang sejumlah itu tidak masalah untuk memenuhi hasratnya memiliki diecast idaman.

Meski demikian, untuk anggaran sebesar itu, ada spesifikasi tertentu dari diecast yang diincar untuk dimiliki, terutama adalah diecast dengan angka produksi perdana.

"Pokoknya, nomor satu yang dilelang saya incar semuanya," ujar Tanu yang juga menjabat ketua komunitas International Datsun Diecast (IDD).

Ia juga bercerita bahwa dirinya pernah hampir memenangkan lelang Hot Wheels Morris Mini Cooper 1/100 pada gelaran Indonesia Diecast Expo 2017. Bayangkan, miniatur mobil Datsun produksi perdana ini rela ditebus senilai Rp32 juta.

Sayang, kata Tanu, bukan dirinya yang beruntung bawa pulang miniatur Datsun tersebut. "Saat itu, penawaran saya Rp31 juta. Ada kolektor lain yang berani menawar lebih tinggi, Rp32 juta," ungkapnya.

Pada gelaran Indonesia Diecast Expo 2018 (IDE 2018), di ICE BSD Tangerang, Sabtu (3/11/2018), Tanu beruntung menang lelang diecast LaFerrari edisi khusus IDE 2018.

Pria asal Jakarta yang juga berprofesi sebagai pengusaha ini mengaku cukup beruntung. Pasalnya, diecast yang dimenangkan lewat lelang ini tergolong murah untuk ukuran miniatur mobil edisi produksi terbatas.

"Ini harga hitungannya masih murah. Apalagi, ini yang nomor 1 dari 100," ujar Tanu seperti dikutip dari Antara.

Pada gelaran kali ini, IDE 2018 juga menggelar lelang untuk sejumlah diecast mobil lainnya, yakni Civic, Gasser, Honda Type R dan Mini.

Public Relations dari IDE 2018, menyatakan IDE tahun ini didukung sepenuhnya oleh Shopee Indonesia sebagai sponsor utama. "Tahun kelima penyelenggaraan IDE menjadi salah satu pembuktian betapa dunia diecast di Indonesia adalah hal yang bukan main-main," ujarnya.

Editor : Irawan.H.P

Apa Reaksi Anda?