• News

  • Healthy Life

Alami Penyempitan Pembuluh Darah? Coba Rutin Konsumsi Nanas

Buah Nanas.(dok.fakt)
Buah Nanas.(dok.fakt)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Meningkatnya mobilitas, justru memicu perilaku atau pola makan kurang sehat, seperti mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan. Akibat fatal jika kebiasaan seperti ini terus dibiarkan, akan terjadi penyempitan pembuluh darah karena lemak, hingga menimbulkan penyakit seperti jantung, stroke, dan obesitas akut. 

Namun, saat ini ditemukan beberapa alternatif yang mampu mengobati penyempitan pembuluh darah, salah satunya dengan mengonsumsi buah nanas. Seperti apa khasiatnya?

Bila sudah mengalami penyempitan pembuluh darah, biasanya penderita dianjurkan untuk mengonsumsi obat penurun kolesterol golongan statin, yang aman dikonsumsi. 

Tetapi bagi penderita yang ingin melakukan pengobatan secara alami, bisa mengonsumsi buah nanas secara rutin dalam bentuk jus. Meskipun belum banyak penelitian ilmiah mengenai khasiat buah nanas dalam pengobatan penyempitan pembuluh darah, namun nanas sudah lama diketahui memiliki ragam kandungan zat bermanfaat.

Menurut Yusuf Wijaya, herbalis, tingginya kandungan Vitamin C, serat, dan alkohol (ragi) di dalam nanas, menjadikan buah berwarna kuning ini berperan aktif dalam pencegahan dan pengobatan penyempitan pembuluh darah karena lemak, melalui proses metabolisme kolesterol. 

Selain itu, Vitamin C dalam nanas juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi di dalam tubuh yang dalam sintesis kolagen pun dapat mencegah seseorang terserang penyakit jantung koroner.

Sedangkan andil serat dalam pencegahan atau pengobatan penyempitan pembuluh darah karena lemak, adalah sebagai pengikat dan penetralisir lemak dalam pembuluh darah, sehingga dapat diluruhkan dan dibuang melalui proses buang air besar (BAB). 

Tak hanya itu, kandungan alkohol atau ragi yang tercipta dari buah nanas yang dihaluskan dan didiamkan selama beberapa jam dalam suhu ruang, memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh. Yakni sebagai penetralisir pembusukan makanan dan lemak dalam pembuluh darah dan usus, sehingga bisa lancar dibuang dalam proses BAB.

Buah nanas tidak mempunyai efek samping jika dikonsumsi setiap hari, karena aman dinikmati semua orang, baik untuk pencegahan ataupun pengobatan penyempitan pembuluh darah. 

Jika tubuh sudah dalam keadaan stabil atau sehat, konsumsi dapat dikurangi jumlahnya, cukup satu kali saja dalam sehari. Sekali konsumsi kira-kira seperempat buah nanas, atau setengah buah nanas dalam sehari.

Yusuf menambahkan, akan lebih baik mengonsumsi buah nanas langsung, daripada dalam bentuk jus. Kalau pun dijus, sebaiknya jangan disaring karena kandungan zat bernilai buah nanas justru terdapat pada serat-seratnya. Sebaiknya jangan ditambahkan gula, kecuali madu agar khasiat nanas lebih optimal.

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun buah nanas tidak disarankan untuk dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong, terutama bagi orang yang memiliki gangguan lambung (maag). Hal ini dikarenakan buah nanas memiliki kandungan asam yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan asam lambung menjadi meningkat. 

Buah nanas atau buah lainnya dapat dikonsumsi setelah 20-30 menit menyantap menu utama. agar kandungan vitamin, mineral maupun zat gizi lainnya yang ada pada buah dapat terserap oleh tubuh.

 

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?