Kamis, 19 Oktober 2017 | 12:30 WIB

  • News

  • Healthy Life

Hidung Mancung dengan Implan, Seperti Apa?

Operasi hidung harus dilakukan dengan ahlinya.(Ilustrasi: Nosejob)
Operasi hidung harus dilakukan dengan ahlinya.(Ilustrasi: Nosejob)

Berita Terkait

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menurut dr. Ni Made Swantari, MBiomed, SpBP, dokter spesialis bedah plastik, teknik bedah aesthetic hidung biasanya dilakukan pada hidung yang tidak memiliki kelainan apapun, seperti hidung bengkok atau patah.

Bedah aesthetic tersebut dilakukan hanya untuk meninggikan pangkal atau tulang hidung yang pendek. Untuk meninggikan pangkal atau tulang hidung yang pendek ini biasanya dilakukan dengan memasangkan implan silikon padat ke lapisan bawah kulit.

Agar hasilnya terlihat lebih alami, implan hidung tersebut dibentuk sesuai keinginan sehingga menyerupai hidung asli tanpa operasi. Agar hasilnya lebih maksimal pada saat dipasang ke hidung, sebaiknya implan hidung harus diukur sebelum dipasangkan.

Mencegah efek samping yang tidak diinginkan, sekarang ini teknik aesthetic pemasangan implan hidung mulai bergeser dari penggunaan implan hidung yang terlalu panjang atau tinggi berganti ke penggunaan implan hidung yang tidak terlalu panjang atau tinggi.

Pasalnya, penggunaan implan hidung yang terlalu panjang atau tinggi dikhawatirkan akan membuat kulit hidung terlihat lebih tipis. Hal tersebut membuat ujung hidung terlihat memerah dan implan tersebut akan keluar di bagian ujung hidung.

Selain penggunaan implan hidung yang tidak terlalu panjang atau tidak terlalu tinggi, untuk mengurangi terjadinya komplikasi, maka teknik bedah aesthetic hidung ini juga bisa dilakukan dengan memakai tulang rawan telinga.

Kemudian, tulang rawan tersebut dibentuk sesuai keinginan lalu dipasangkan di bagian ujung hidung yang akan dimancungkan. Operasi pemasangan implan hidung biasanya berlangsung selama satu hingga dua jam. Karena bukan tergolong operasi berat, maka setelah pengerjaan pasien langsung diperbolehkan pulang.

Tujuh hari setelah operasi, pasien dianjurkan untuk kembali mengunjungi dokter bedah plastik untuk membuka jahitan. Seperti halnya teknik bedah plastik lain, operasi pemasangan implan hidung ini pun langsung terlihat hasilnya beberapa saat setelah pengerjaan. Tentu saja, hasil maksimal dari operasi ini akan terlihat setelah bekas luka operasi tersebut sembuh secara sempurna. Meskipun begitu operasi implan hidung ini bisa bertahan seumur hidup.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?