Kamis, 19 Oktober 2017 | 12:27 WIB

  • News

  • Healthy Life

Usir Bau Mulut dengan Peterseli

Peterseli mampu menghilangkan bau mulut. (Healthy)
Peterseli mampu menghilangkan bau mulut. (Healthy)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Peterseli lebih sering ditemui sebagai garnish atau pelengkap dalam hidangan  makanan. Tak banyak yang tahu, kandungan alami dalam peterseli ternyata baik untuk kecantikan dan kesehatan. Bahkan, peterseli mampu membantu menghilangkan bau mulut. Benarkah?

Peterseli memiliki banyak kandungan gizi. Dalam 100 gr peterseli terkandung berbagai zat penting yang baik untuk tubuh, seperti 50 gr kalori, 3,7 gr protein, 1 gr lemak, 9 gr karbohidrat, 193 mg kalsium, 84 mg fosfor, 4 mg zat besi, 8230 IU vitaminA, 0,11 mg vitamin B1 dan 193 mg vitamin C. Dengan kandungan manfaat yang melimpah, maka tak heran peterseli sangat baik dikonsumsi setiap hari.

Selain itu, kandungan peterseli adalah sebagai bahan penyegar mulut sehingga dapat membantu menghilangkan bau mulut. Erwin Eka F.P, herbalis mengatakan daun peterseli mengandung senyawa aktif yang mampu membunuh bakteri sehingga bau mulut bisa diatasi. Setelah mengonsumsi daun peterseli akan terasa lebih segar dan fresh. Oleh karena itu, jika mengonsumsi peterseli sebanyak kurang lebih 100 gr setiap hari secara rutin mampu mengatasi keriput atau penuaan dini.

Peterseli juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat yang meradang karena mengandung Vitamin K. Caranya dengan mengambil beberapa daun peterseli lalu remas, dan tempelkan pada bagian wajah yang terkena jerawat, kemudian didiamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin. Lakukan secara rutin sampai jerawat benar-benar mengecil dan hilang.

Karena kandungan peterseli yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan, maka sebaiknya Anda jangan pernah lupa memasukkan setangkai daun peterseli dalam hidangan Anda. Untuk kesehatan, kandungan vitamin, mineral dan zat besi yang terdapat pada peterseli mampu membantu menyembuhkan berbagai penyakit seperti pencernaan, meringkan perut kembung, memperkuat daya tahan tubuh, mengurangi peradangan, membantu sistem kerja hati dan ginjal, dan menurunkan berat badan.

Bahkan jika dikonsumsi setiap hari dapat menjaga keseimbangan hormon dan mengurangi nyeri haid.

Di samping itu, komponen myristicin di dalam peterseli telah terbukti efektif untuk mencegah pembentukan tumor, terutama di paru-paru. Studi yang dilakukan pada hewan dan penelitian lebih lanjut menunjukan hasil yang menjanjikan.

Bahkan, minyak peterseli terbukti efektif dalam mentralkan karsinogen tertentu, seperti benzopyrenes yang biasa ditemukan dalam asap rokok dan asap arang panggangan. Memang sejak awal ditemukan sekitar 2000 tahun sebelum Masehi, peterseli bukan digunakan sebagai bahan makanan melainkan digunakan sebagai salah satu tanaman obat.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?