Kamis, 14 Desember 2017 | 23:48 WIB

  • News

  • Healthy Life

Semangka Bisa Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Ilustrasi semangka
well-being.com
Ilustrasi semangka

Berita Terkait

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Warnanya yang ranum serta rasanya yang manis dan segar saat disantap membuat banyak orang memfavoritkan semangka. Rupanya semangka tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai pencuci mulut, tetapi juga mengatasi masalah bibir kering. Benarkah?

Kita pastinya pernah mengalami bibir pecah-pecah. Masalah bibir pecah-pecah dapat disebakan oleh berbagai macam faktor antara lain dehidrasi, polusi udara dan debu, peggunaan kosmetik berbahan kimia yang terlalu keras dan lain sebagainya. 

Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dapat dilakukan berbagai cara antara lain menggunakan lipbalm atau pelembab bibir yang dapat melindungi bibir dari sinar matahari serta mengandung vitamin. 

Namun ada juga yang mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan cara alami yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan termasuk buah semangka. Dijelaskan oleh dr. Agus Rahamdi, herbalis, buah semangka dapat membantu mengatasi masalah pada bibir sama seperti buah-buahan lainya yang juga berwarna merah. 

Kandungan semangka sangat kaya akan sejumlah vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, C, B6, B1, E, magnesium dan kalium serta beberapa unsur yang bermanfaat untuk pengobatan maupun perawatan kecantikan. 

Mengoleskan lipbalm atau lipgloss pada bibir adalah salah satu cara yang paling praktis untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Mengonsumsi buah semangka sendiri dapat juga memberikan efek pada bibir yaitu untuk menghilangkan bibir kering karena buah semangka mengandung air yang cukup banyak. 

Kekurangan air bukan hanya dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah tetapi dapat membuat dehidrasi yang juga berdampak pada kulit kering. 

Mengingat tubuh juga membutuhkan banyak asupan air sebagai elemen yang penting dalam tubuh. Buah semangka ini dapat mengatasi rasa haus dan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. 

Selain kekurangan air, sariawan juga dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Dengan makan buah semangka dapat mencegah atau menyembuhkan bibir yang kering. Dan karena semangka juga mengandung vitamin C, yang seperti diketahui vitamin C bisa mengatasi sariawan. 

Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah maka sepotong semangka yang sudah dibuang bijinya dilumatkan dagingnya. Sesudah itu ditambahkan 1 sdm madu dan 1 sdm air jeruk nipis. Aduk sampai rata, kemudian oleskan ke bagian bibir biarkan selama 15 menit kemudia bersihkan dengan air dingin. 

 

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?