Kamis, 19 Oktober 2017 | 12:32 WIB

  • News

  • Healthy Life

Pascamelahirkan Wanita Alami Kerontokan Rambut? Ini Penjelasannya

Ilustrasi rambut rontok.(dok.beautykismiss)
Ilustrasi rambut rontok.(dok.beautykismiss)

Berita Terkait

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Setelah melahirkan biasanya seorang wanita mengalami perubahan hormon, salah satunya menyebabkan kerontokan rambut. Namun tak semua wanita yang baru melahirkan mengalami masalah kerontokan rambut. 

Hanya sebanyak 40-50 persen wanita yang setelah melahirkan mengalami masalah kerontokan rambut. Dijelaskan oleh dr. Shinta Syafril, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, ada beberapa penyebab wanita yang baru melahirkan mengalami kerontokan rambut.

Pertama, rambut memiliki siklus rambut yaitu growing phase atau disebut fase pertumbuhan atau anagen. Dalam fase ini terbentuk sel-sel rambut yang baru sehingga mendorong sel-sel rambut yang lebih tua. Setelah itu fase peralihan atau katagen, yang merupakan fase peralihan setelah growing phase. 

Fase selanjutnya adalah resting phase atau fase istirahat atau telogen. Pada fase ini rambut baru akan terbentuk yang diikuti dengan pelepasan rambut lama. Setelah selesai terjadi fase resting phase maka akan dimulai siklus rambut yang diawali dengan growing phase.

Seorang wanita akan mengalami fase rontok pada saat melahirkan, karena pada saat kehamilan terjadi peningkatan hormon. Hal tersebut tidak menyebabkan rambut memasuki resting phase sehingga rambut tidak mengalami kerontokan. 

Di sisi lain, ketika hamil growing phase akan tetap berlangsung. Hal inilah yang membuat wanita hamil biasanya memiliki rambut yang terlihat lebih tebal, lebat, dan lebih bercahaya. 

Setelah melahirkan kadar hormon akan kembali pada masa normal, sehingga siklus rambut pun akan kembali normal. Perubahan hormon menjadi normal inilah yang menyebabkan rambut dalam jumlah banyak pada folikel rambut menjadi mudah rontok.

Kedua, karena adanya kekurangan zat besi. Ketika melahirkan, zat besi akan banyak keluar bersamaan dengan banyaknya darah yang keluar. Kekurangan zat besi inilah yang membuat helai rambut pada wanita menjadi lebih mudah rontok. 

Untuk mendapatkan nutrisi zat besi maka dianjurkan untuk makan makanan seperti daging, telur dan tumbuh-tumbuhan seperti lidah buaya, urang aring, teh hijau, dan daun mangkokan. 

Bahan-bahan alami seperti lidah buaya, seledri, urang-aring, teh hijau, daun mangkokan dan lain-lain bisa dijadikan bahan untuk perawatan rambut yang dapat mengatasi masalah kerontokan rambut. 

Bahan-bahan tersebut mengandung zat yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut seperti Vitamin A, C dan E, serta zat besi. 

Selain itu, rambut memerlukan nutrisi seimbang seperti Omega-3, asam lemak, protein, magnesium, selenium dan lain-lain yang terdapat dalam bahan-bahan alami tersebut.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?