• News

  • Healthy Life

Ternyata Bau Badan Pria Bisa Redakan Stres yang Melanda Wanita

Ilustrasi wanita mencium pakaian pria
dok.Metro
Ilustrasi wanita mencium pakaian pria

JAKARTA, NNC - Membaca judul artikel yang satu ini tentunya membuat Anda banyak bertanya bukan? "Benarkah? Apa iya?", mungkin itu dua pertanyaan yang terlintas bukan? 

Nah, bau badan pria bisa meredakan stres yang melanda wanita, disimpulkan dalam sebuah penelitin terbaru yang dilakukan oleh sejumlah ilmuwan dari University of British Columbia, Kanada, yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology. 

Tapi bukan sembarang bau badan pria lho, penelitian itu menunjukkan bahwa bau badan pria yang melekat pada pakaiannya bisa meredakan stres wanita yang merupakan kekasihnya. 

Penelitian ini melibatkan 96 pasang kekasih heteroseksual, yang berfokus pada efek psikologis dari mencium bau pakaian yang dikenakan oleh kekasih dan yang dikenakan oleh orang lain, seperti diberitakan laman Live Science. 

Dalam penelitian itu, para pria diminta untuk mengenakan kaos selama 24 jam tanpa parfum. Mereka juga diperkenankan untuk merokok dan mengonsumsi makanan yang memicu timbulnya bau badan mereka. 

Setelah 24 jam, kaos-kaos itu dikumpulkan dan disimpan di lemari pendingin agar aromanya bertahan lama. Peneliti kemudian mengambil dua kaos dan meminta responden wanita untuk mencium aroma kaos tersebut. 

Di mana kaus pertama milik kekasihnya atau orang asing dan kaus kedua merupakan kaos baru yang belum dikenakan. Responden wanita itu pun tidak mengetahui kaos siapa yang mereka cium. 

Peneliti menilai wanita sebagai objek penelitian lantaran mereka memiliki indera penciuman yang lebih baik dari pria. 

Kemudian, peneliti meminta para wanita tersebut menjalani sebuah tes yang bertujuan untuk memicu stres. Tes tersebut berupa wawancara kerja dan mengerjakan soal matematika. 

Peneliti mengukur tingkat stres dan sampel ludah mereka juga diambil untuk mengukur jumlah kortisol, hormon yang berhubungan dengan tingkat stres.

Hasilnya, wanita yang mencium kaos kekasihnya lebih tenang dan tidak stres sebelum dan sesudah menjalani tes. 

 

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?