• News

  • Healthy Life

Kemiri Mampu Cegah Kerontokan Rambut

Kemiri menjadi solusi alternatif untuk mengatasi kerontokan rambut.
YouTube
Kemiri menjadi solusi alternatif untuk mengatasi kerontokan rambut.

JAKARTA, NNC - Kerontokan rambut merupakan masalah banyak orang, jika rambut rontok sampai 100 helai masih normal. Karena fase tumbuh rambut itu bergantian, ada masa memang rambut lepas, ada yang aktif dan ada yang fase istirahat.

Setidaknya ada tiga fase pertumbuhan rambut, yakni pertama fase Anagen. Pada fase ini dimana rambut aktif tumbuh. Fase kedua yakni fase cataogen atau dikenal dengan fase transisi dan fase ketiga adalah fase telogen atau fase istirahat.

Lepasnya rambut kembali ke fase anagen. Fase-fase ini bergantian, sehingga setiap hari ada yang tumbuh dan ada yang rontok. Kerontokan rambut penyebab utamanya adalah usia namun juga tidak mengabaikan faktor genetik.

Selain itu, beberapa penyebab kerontokan rambut yakni menyisir saat rambut basah, mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosokkan dengan handuk, dikuncir, menggunakan pengering rambut (hair dryer), catok, keramas dengan air panas, tidak tepat dalam penggunaan shampoo dan penggunaan cat rambut.

Kerontokan rambut dapat juga terjadi karena efek samping obat, depresi, stres maupun karena penyakit autoimun.

Praktisi pengobatan herbal, dr Prapti Utami, MSi menyarankan agar mengenali respons rambut terutama dari apa saja yang diaplikasi ke kepala. Misalnya, menyisir dengan sisir berjarak renggang, keramas dengan air dingin atau hangat-hangat kuku, mengganti jenis shampoo dan menggunakan minyak alami.

"Komunikasikan ke dokter jika kerontokan rambut disebabkan oleh efek samping obat, barangkali obatnya bisa diganti. Berkonsultasi dengan dokter spesialis autoimun yang akan memberi solusi bagaimana menangani rambut rontok secara alami," urainya, Selasa (15/5/2018).

Prapti menyarankan agar mengaplikasikan minyak kemiri ke rambut untuk mencegah kerontokan rambut. Serta meminum beberapa tanapan obat yang mengandung nutrisi untuk mendukung pertumbuhan rambut seperti mengkudu, kelor, minyak kelapa murni (virgin coconut oil) dan makan serta minuman yang sehat.

"Hindari makanan yang mengandung 4 P yakni pemanis, pengawet, pewarna dan penyedap makanan. Tentu sebaiknya meninggalkan kebiasaan yang tidak baik dalam memperlakukan rambut kita. Rambut adalah cerminan kesehatan kita secara keseluruhan," urainya.

Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?