• News

  • Healthy Life

8 Kesalahan Kesehatan Paling Mematikan yang Tidak Anda Sadari

Ilustrasi
dok.Istimewa
Ilustrasi

JAKARTA, NNC -- Anda dapat membayangkan bagaimana penyakit utama seperti kanker, masalah jantung, diabetes, dan lainnya dapat memengaruhi kehidupan dan kesejahteraan seseorang, terutama jika penyakit-penyakit itu tidak dapat disembuhkan!

Bahkan jika seseorang menderita sakit sendi ringan atau flu, itu bisa membuat hidupnya cukup sulit, karena gejala penyakit ringan bahkan dapat menghambat aktivitas sehari-hari Anda.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda mencoba dan melakukan apa saja untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit tertentu.

Sekarang, ada beberapa penyakit yang dapat mempengaruhi orang, meskipun mereka memiliki gaya hidup yang sehat. Namun, ada beberapa penyakit yang dapat mempengaruhi orang-orang yang membuat keputusan dan pilihan gaya hidup yang buruk.

Jadi, seperti dikutip dari Boldsky, inilah beberapa kesalahan atau kebiasaan kesehatan yang harus dihindari, agar tetap bebas dari penyakit dan sehat untuk waktu yang lebih lama!

1. Tidak Berhenti Merokok

Ini adalah kesalahan kesehatan yang sangat jelas yang kebanyakan orang akan ikuti, yang sangat tidak sehat dan berbahaya. Sebagian besar dari mereka merokok, karena mereka secara psikologis kecanduan tinggi nikotin yang disediakan oleh rokok.

Merokok adalah akar penyebab sejumlah penyakit ringan dan utama seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, kekebalan rendah, infertilitas, disfungsi seksual, penyakit pernapasan, kanker paru-paru, dan lainnya.

2. Tidak Mengelola Stres

Banyak dari kita mungkin merasa bahwa sedikit stres yang mempengaruhi kita secara teratur adalah normal dan mungkin tidak menyebabkan kerusakan kesehatan. Namun, hasil dari sejumlah studi penelitian selama bertahun-tahun telah menegaskan bahwa stres juga bisa menjadi penyebab utama sejumlah penyakit, baik psikologis maupun fisiologis! Jadi, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda mengambil tindakan yang tepat untuk mengendalikan stres.

3. Menjadi Perokok Pasif

Sekarang, sebelumnya kita membaca bagaimana merokok adalah kebiasaan yang dapat menghancurkan kesehatan seseorang dengan sangat cepat. Demikian pula, bahkan jika Anda adalah seseorang yang tidak merokok, tetapi Anda sering berada di sekitar orang yang merokok, kesehatan Anda bisa berisiko.

Menghirup asap nikotin secara sekunder juga dapat menyebabkan sejumlah penyakit, termasuk kanker paru-paru! Jadi, hindari merokok sekunder sebanyak mungkin.

4. Makan Secara Emosional

"Makan emosional" dapat digambarkan sebagai kebiasaan, di mana orang-orang makan berlebihan dan pesta pada junk food, ketika mereka sedih, marah atau cemas. Makan "makanan yang menenangkan" membawa rasa kebahagiaan dan bantuan sementara pada orang-orang; Namun, kebiasaan ini juga dapat menyebabkan sejumlah risiko kesehatan yang terkait dengan kebiasaan makan yang tidak sehat, seperti obesitas, kolesterol tinggi, masalah jantung, dan lainnya. Jadi, kita harus selalu memperhatikan berapa banyak makanan yang kita konsumsi.

5. Tidak Berolahraga Secara Teratur

Sebagian besar dari kita sudah mengetahui fakta bahwa berolahraga memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan dapat membuat Anda tetap bugar, serta membantu mencegah dan menyembuhkan sejumlah penyakit. Yang mungkin tidak kita ketahui adalah bahwa, manfaat olahraga hanya dapat dinikmati jika dipraktekkan secara teratur, setiap hari. Berolahraga sesekali, hanya untuk menghabiskan waktu, mungkin tidak banyak berguna. Jadi, penting untuk memiliki rutinitas latihan yang teratur.

6. Tidak Mengkonsumsi Air yang Cukup

Meskipun kita tahu fakta bahwa, mengkonsumsi setidaknya 2 liter air per hari (dan 3 liter jika Anda berolahraga secara teratur) adalah penting. Atas dasar jadwal yang sibuk atau linglung, kita mungkin lupa untuk minum cukup air. Kebiasaan ini tidak hanya dapat menyebabkan dehidrasi, kulit kering, dan lainnya, tetapi juga dapat menyebabkan penyakit serius lainnya seperti masalah ginjal dan infeksi kandung kemih.

7. Minum Alkohol Setiap Akhir Minggu

Akhir-akhir ini, kita melihat sejumlah orang, terutama anak-anak muda yang memasuki "budaya pesta", dengan pergi ke pub dan klub setiap akhir pekan atau bahkan beberapa kali seminggu, dan sering minum alkohol. Minum alkohol secara berlebihan, sangat sering, dapat memiliki efek kesehatan yang merugikan pada setiap orang, tanpa memandang usia atau jenis kelamin. Alkohol dapat menyebabkan kecanduan, penyakit hati dan bahkan kanker!

8. Yo-Yo Dieting

Yo-yo diet adalah kebiasaan di mana orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, berayun di antara dua jenis kebiasaan diet ekstrim, yaitu, mereka awalnya kelaparan sendiri atau makan sangat sedikit untuk menurunkan berat badan dengan cepat, dan setelah beberapa jam atau hari, mereka menjadi sangat lapar dan akibatnya mereka makan junk food!

Kebiasaan ini bisa sangat tidak sehat bagi tubuh dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pencernaan, bersama dengan merusak kekebalan.

Sudahkah kita melewatkan kesalahan kesehatan lain yang harus kita hindari?

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?