• News

  • Healthy Life

Hal Sederhana Ini Bikin Perempuan Rentan Alami Depresi

Depresi diprediksi akan menjadi gangguan dengan beban penyakit nomor dua tertinggi di tahun 2020.
Bemozza
Depresi diprediksi akan menjadi gangguan dengan beban penyakit nomor dua tertinggi di tahun 2020.

JAKARTA, NNC - Depresi diprediksi akan menjadi gangguan dengan beban penyakit nomor dua tertinggi di tahun 2020. Prediksi itu berdasarkan pernyataan dari World Health Organization (WHO). Dan ada hal sederhana yang memicu kaum perempuan rentan mengalami depresi.

Hal sederhana itu adalah perempuan yang memiliki kebiasaan bangun siang. Kesimpulan itu didapat dari sebuah penelitian yang dilakukan tim University of Colorado di Boulde, University of Brigham dan Women’s Hospital di Boston, seperti dikutip dari laman The Independent.

Setidaknya ada 32 ribu wanita dengan rata-rata usia 55 tahun yang berpartisipasi dalam penelitian tersebut selama 4 tahun.

Dalam penelitian itu disebutkan bahwa perempuan yang bangun lebih awal atau pagi, memiliki risiko penyakit mental yang lebih rendah. Hal itu terkait dengan paparan sinar matahari pagi.

Periset kemudian mencoba mencari hubungan antara gangguan mood dengan chronotype, yaitu kemampuan tubuh seseorang melakukan sinkronisasi dalam 24 jam. Mereka yang terbiasa bangun pagi atau siang hari, biasanya juga dipengaruhi oleh faktor genetik.

Lebih lanjut, disimpulkan pula bahwa mereka yang terbiasa bangun pagi dan tidak begadang, berpeluang lebih kecil menderita depresi dengan presentase 12 hingga 27 persen.

Kendati demikian, selain kebiasaan bangun siang, faktor-faktor lain yang diduga menjadi pemicu depresi juga dianalisis, seperti kesepian dan gaya hidup merokok.

"Ini memberi tahu kita adanya kemungkinan efek chronotype pada risiko depresi yang tidak didorong oleh faktor lingkungan dan gaya hidup," kata ketua penelitian tersebut, Celine Vetter.

Ditambahkan Celine, paparan cahaya matahari pada tubuh turut memengaruhi chronotype, dan risiko depresi. Pola tidur seseorang memang merupakan faktor risiko independen untuk depresi.

Meski begitu, bukan berarti mereka yang gemar begadang pasti memiliki masalah kesehatan mental. Celine kemudian memberi saran agar setiap perempuan cukup tidur, berolahraga, dan menghabiskan waktu di luar rumah agar terkena paparan sinar matahari pagi.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?