• News

  • Healthy Life

Ini Manfaat Biji Jambu untuk Kecantikan

Jambu biji
Kawaii Beauty Japan
Jambu biji

JAKARTA, NNC – Tahu buah jambu biji? Pasti dong. Dikonsumsi begitu saja, cukup enak. Dijus pun rasanya lebih enak. Jambu biji merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan bagian utara. Buah yang juga disebut guava ini, mengandung berbagai nutrisi penting, banyak vitamin dan serat,  sedikit folat, dan zat lain yang bertindak seperti antioksidan.  Bahkan, jumlah vitamin C dalam jambu biji empat kali lebih banyak dari jeruk. 

Buah ini sangat cocok sekali dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Cocok sekali dikonsumsi di siang hari karena buahnya yang segar dan mendinginkan badan. Selain itu jambu biji juga bermanfaat untuk kecantikan seperti yang dilansir dari berbagai sumber.
 
Membuat kulit lebih bersinar
Kandungan Betakaroten dan vitamin C dalam buah jambu biji mampu menangkal dampak buruk akibat radikal bebas, yang dapat merusak kulit. Jambu biji banyak digunakan sebagai bahan lotion untuk mengatasi kulit kering, jerawat, kulit berminyak, dan masalah kulit lainnya. Dengan minum jus buahnya secara teratur, maka kulit wajah Anda akan terlihat lebih cerah dan lembut.
 
Mengatasi jerawat dan komedo
Banyak yang tidak tahu bahwa salah satu manfaat daun jambu biji adalah untuk masker wajah dan ini sudah tidak dapat diragukan lagi. Caranya juga sangat mudah. Cukup Anda tumbuk daun jambu biji yang masih muda, setelah itu oleskan pada pada wajah yang berjerawat atau terdapat komedo. Gunakan dengan rutin agar wajah Anda makin halus dan bebas jerawat serta komedo.
 
Mengencangkan Kulit.
Kandungan Astringennya akan meningkatkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur. Bukan hanya itu, Jambu biji mengandung vitamin A dan C dan potasium yang memiliki khasiat untuk antioksidan. Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput.
 
Mencerahkan Kulit Wajah
Selain memiliki cita rasa yang lezat dan menyegarkan, jus jambu biji merah bisa Anda konsumsi untuk mencerahkan kulit wajah. Namun selain dibuat jus, Anda juga bisa membuat jambu biji merah ini menjadi masker wajah yang dapat mencerahkan kulit.
 
Anti penuaan
Kandungan vitamin A, B, dan C serta kalium banyak ditemukan dalam jambu biji karena jambu biji merupakan antioksidan serta pendeteoks yang baik. Manfaat ini agar menjaga agar kulit tetap sehat serta terbebas dari tanda-tandsa penuaan dini seperti keriput serta halus-halus yang bagus.
 
 Melangsingkan Tubuh
Jambu biji memiliki rendah lemak dan kalori sehingga cocok dimakan saat siang hari, sebagai menu harian bagi pelaku diet. Buah manis ini dapat menyebabkan kenyang lebih lama, disebabkan serat tinggi di dalamnya.

Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?