• News

  • Healthy Life

Manfaat Ajaib Makan Kacang untuk Pria

Ilustrasi kacang-kacangan
dok,intergrative
Ilustrasi kacang-kacangan

JAKARTA, NNC - Pola makan bergizi dan teratur menjadi suatu hal yang kerap dilakukan banyak orang demi mendapatkan kondisi tubuh yang sehat, plus stamina prima. Hal tersebut tidak terlepas dari beragam zat yang terkandung dalam pola makanan bergizi, salah satunya adalah kacang. 
 
Dan usut punya usut, tak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, kacang ternyata memiliki manfaat ajaib untuk meningkatkan kualitas sperma para pria. Benarkah demikian?
 
Manfaat ajaib tersebut salah satunya dijabarkan dalam sebuah penelitian di Spanyol. Medicaldaily melaporkan bahwa, para peneliti menemukan, mereka yang makan 60 biji kacang campuran setiap hari selama 14 minggu secara teratur dapat meningkatkan kualitas sperma. Penelitian itu dilakukan kepada 119 pria yang berusia antara 18 dan 35 tahun. 
 
Lantas, apakah ada jenis kacang khusus yang dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat ajaib tersebut? Berdasarkan penelitian tersebut ternyata tidak. Semua jenis kacang yang ada di pasaran memiliki manfaat ajaib tersebut. 
 
Penelitian di Spanyol tersebut melibatkan sekelompok partisipan yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi 60 gram kacang yang terdiri dari almond, hazelnut, dan walnut. Sedangkan kelompok kedua tidak makan kacang sama sekali. 
 
Penelitian itu berlangsung selama hampir 4 bulan ini menghasilkan bahwa, orang yang makan kacang setiap hari mengalami peningkatan jumlah sperma. Rata-rata jumlah sperma menjadi 16 persen lebih tinggi daripada mereka yang tak makan sama sekali. Bukan hanya jumlah, tapi vitalitas, gerakan dan bentuk sperma juga mengalami peningkatan. 
 
Sementara itu, diungkapkan penulis studi Albert Salas-Huetos dari Universitas Rovira dan Virgili di Reus di Spanyol mengatakan kacang-kacangan adalah kunci diet sehat. Semua kacang bisa memberikan protein, kalsium, antioksidan seperti vitamin C dan E, omega tiga serta folat. Kacang juga dianggap sebagai sumber serat dan lemak sehat. 
 
Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?