Rabu, 24 Mei 2017 | 07:36 WIB

  • News

  • Healthy Life

Awas Hati-hati! Bau Badan Bisa Gambarkan Suasana Diri Anda

Sabtu, 07 Januari 2017 | 19:10 WIB
Ilustrasi.(dok.Ist.)
Ilustrasi.(dok.Ist.)

Berita Terkait

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Walaupun Anda merasa tidak memiliki masalah badan, ternyata Anda tetap punya bau badan. Menurut kalangan ilmuwan, bau badan tiap orang sangatlah spesial, seperti halnya sidik jari. Selain itu, dari bau badan Anda juga bisa diketahui beberapa hal.

Berikut ini ada banyak hal yang ternyata bisa dikatakan dari aroma tubuh Anda yang ternyata berbeda dengan orang lain. 

Sasaran Nyamuk
Kalau Anda merasa jadi lebih sering jadi sasaran gigitan nyamuk dibanding orang lain, mungkin aroma tubuh Andalah penyebabnya. Sebenarnya nyamuk senang menggigit siapa saja. Tapi ilmuwan memperkirakan, sekitar 20 persen orang di dunia "sangat menarik" bagi nyamuk karena aroma yang dikeluarkan badannya. Letaknya pada gen mereka.

Menemukan Partner Yang Tepat
Menurut penelitian, untuk mencari partner, orang lain yang batu tubuhnya berbeda dengan bau tubuh sendiri dinilai lebih menarik. Dalam sebuah studi, perempuan diminta menilai T-shirt yang sudah dipakai pria. Hasilnya, jika kandungan kimia dalam keringat berbeda dibanding dengan dalam keringat sendiri, perempuan menilainya lebih positif.

Memberitahu Jika Anda Stres
Ini bau yang tidak tercium orang, tapi anjing bisa mendeteksinya. Hewan berindra penciuman tajam seperti anjing sebenarnya juga bisa mencium rasa takut. Anjing juga bisa mencium stres yang disebabkan pekerjaan atau masalah dengan teman atau keluarga. Tapi stres tidak mengubah bau tubuh yan intrinsik, melainkan hanya menambah nuansa.

Mendapat atau Kehilangan Teman
Kalau jarang mandi, tidak heran jika tidak banyak teman. Tapi walaupun sering mandi, bau tubuh yang spesial untuk tiap orang bisa menyebabkan orang lain menghindar. Sebuah eksperimen dengan keringat bahkan menunjukkan, orang bisa mengatakan secara akurat, apakah bau keringat itu milik orang yang ekstrover, dominan atau neurotis.

Petunjuk Kondisi Kesehatan
Seperti stres, penyakit juga menambah nuansa pada bau tubuh, tapi tidak mengubahnya. Sejauh ini para ilmuwan masih belum tahu bagaimana penyakit bisa memberikan efek itu. Seekor anjing yang dilatih untuk mendeteksi kanker prostata bisa mengidentifikasi 30 penderita dari 33 orang pasien, dengan mencium bau urin mereka.

Anda Penggemar Makanan Tertentu
Pasti Anda sudah tahu, ada makanan tertentu yang menyebabkan bau badan yang intensif, juga bau mulut. Misalnya petai, bawang putih, bawang bombai, tapi juga brokoli. Penyebabnya, makanan berbau intensif dalam pencernaan diurai menjadi elemen-elemen berbau intensif, dan disirkulasikan di seluruh tubuh oleh darah. Itu bisa merambah ke luar lewat keringat, nafas dan urin.

Jarang Cuci Baju Dalam
Terutama baju dalam yang banyak mengandung serat buatan seperti poliester harus sering dicuci. Karena tekstil jenis ini tidak menyalurkan keringat dan bau badan ke luar, melainkan menutup jalan keluar sehingga bau badan juga terperangkap di dalamnya. Jika Anda mengenakannya, itu mempengaruhi bau tubuh Anda.

Reporter : Sesmawati
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?