Sabtu, 24 Juni 2017 | 14:07 WIB

  • News

  • Healthy Life

Wajah Berjerawat? Coba 5 Masker Alami Penghapus Noda Jerawat Ini

Ilustrasi.(dok.health21)
Ilustrasi.(dok.health21)

Berita Terkait

JAKARTA, NETRALNEWS.COMJerawat merupakan permasalahan yang paling umum pada kulit. Jerawat terjadi karena penyumbatan oleh sebum dan keratin pada pori-pori yang kemudian membuat bakteri berkembang di pori-pori yang tersumbat tersebut.
 
Selain itu, jerawat pastinya juga sangat menganggu penampilan kita. Tapi Jangan khawatir, jerawat bisa dihilangkan dari permukaan wajah. Berikut beberapa masker alami penghapus noda jerawat yang dilansir dari beberapa sumber.
 
1. Masker Madu
Sepanjang sejarah, madu sudah digunakan manusia untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Selain itu madu juga mempunyai banyak manfaat di dunia kecantikan. Dimana madu dapat dimanfaatkan untuk menyapu bersih atas jerawat yang ada pada wajah. Tentu saja dari madu alami yang nantinya bisa dicampurkan dengan garam halus, air jeruk nipis, minyak zaitun, wortel maupun putih telur. Kemudian dicampur dan diaduk hingga merata. Barulah diusapkan pada seluruh wajah dan bilas selepas 30 menit kemudian.
 
2. Masker Mentimun
Mentimun mengandung zat yang dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat di wajah. Dalam pembuatan masker berbahan mentimun, sebaiknya memilih mentimun yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.

Langkah berikutnya yaitu memblender mentimun sampai halus seperti bubur. Namun pastikan untuk tidak membuang perasan airnya, karena perasan air tersebut akan membantu jerawat cepat kering. Anda bisa menambahkan sedikit campuran madu agar masker bekerja lebih maksimal.

Langkah sesudahnya hanya perlu mengoleskan masker mentimun ke seluruh wajah sampai merata. Diamkan beberapa menit sampai kering. Bilas dengan menggunakan air sampai bersih.
 
3. Masker Lemon dan Madu
Dalam dunia kecantikan, lemon memiliki khasiat yang hampir sama dengan jeruk nipis. Karena itu buah yang satu ini sangat ampuh dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat. Dan kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya, ambil satu buah lemon segar diambil sarinya, kemudian campurkan dengan 1 sendok teh madu. Sebelum mengaplikasikan masker lemon madu ini, cucilah wajah anda lebih dulu dengan air hangat. Setelah itu, aplikasikan masker lemon pada wajah anda secara merata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Bersihkan dan keringkan dengan handuk lembut.
 
4. Masker dari Ampas Kopi
Cara yang selanjutnya dalam mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan kopi. Masker kopi memang sedang banyak digunakan oleh berbagai perawatan wajah. Selain dapat menghilangkan jerawat, ampas kopi juga bisa digunakan untuk membuat wajah lebih putih bersih .

Caranya anda bisa mengambil beberapa butir kopi, kemudian di sangrai. Tumbuk kopi yang sudah disangrai sampai halus seperti tepung. Tambahkan sedikit air namun jangan terlalu cair dan jangan terlalu kental. Selanjutnya oleskan ampas kopi ke seluruh bagian wajah sampai merata. Biarkan sampai mengering dan bilas dengan menggunakan air bersih.
 
5. Masker Buah Nanas
Enzim Bromelain merupakan salah satu nama enzim yang ditemui pada buah Nanas. Kinerja dari enzim ini menjadikan proses regenerasi kulit lebih lancar. Begitupun dengan adanya jerawat pada wajah yang dapat dihilangkan hingga ke akar-akarnya. Jadinya jerawat tak akan tumbuh lagi dan lagi. Treatment dengan buah Nanas cukup mudah yakni dengan memblender buah ini dan nantinya dijadikan sebagai masker. Kendati demikian, masker alami untuk wajah berjerawat dapat ditambahkan dengan madu untuk menyempurnakan komposisi yang memberikan kebaikan pada kulit wajah agar terbebas dari jerawat.

Reporter : Sesmawati
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?