Selasa, 24 Oktober 2017 | 03:46 WIB

  • News

  • Healthy Life

Selain untuk Obat, Ternyata Madu Bagus juga untuk Kecantikan

Ilustrasi Madu.(dok.Ist.)
Ilustrasi Madu.(dok.Ist.)

JAKARTA, NETRALNEWS.COMMadu merupakan pemanis alami yang sangat menyehatkan. Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula. Sepanjang sejarah, madu sudah digunakan manusia untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Selain untuk pengobatan, ternyata madu juga bermanfaat dan bagus bagi kecantikan. Berikut manfaat madu untuk kecantikan seperti dilansir dari berbagai sumber.
 
Mencerahkan Kulit
Madu yang dicampurkan dengan tomat bisa dijadikan scrub untuk memutihkan kulit tangan dan kaki. Caranya : Haluskan Tomat setelah itu campurkan dengan Madu sampai berbentuk pasta. Setelah berbentuk pasta oleskan pada seluruh kulit tubuh (kecuali muka) dan rehat selama 15 menit agar kandungan dalam kedua bahan bekerja mengencangkan kulit, setelah itu bersihkan dan rasakan kesegaran yang dihasilkan.

Melembabkan Kulit
Madu dapat mengurangi dampak negatif dari kulit yang terbakar oleh matahari. Jika Anda wanita yang sering ditugaskan bekerja di luar ruangan, sangat penting merawat kulit dengan madu sehabis kerja agar kulit tetap terjaga kesehatannya.

Menghilangkan Jerawat
Salah satu fungsi dan manfaat madu untuk wajah dan bibir adalah untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, selain itu juga dapat menghilangkan noda bekas jerawat yang dapat merusak penampilan kamu. Berikut cara penggunaannya: Siapkan madu dalam kondisi hangat, oleskan pada bagian wajah berjerawat atau pada bagian noda bekas jerawat, diamkan selama 2-3 jam, bilas dengan air hangat kemudian keringkan dengan handuk halus, untuk hasil maksimal lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Mengecilkan Pori-pori wajah
Pori-pori besar dapat menyebabkan jerawat karena tersumbatnya pori-pori oleh debu dan kotoran. Ternyata kandungan madu sangat efektif untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Berikut cara penggunaannya: Siapkan 5 sdm madu, 2 sdm susu bubuk, dan 2 sdm oatmeal, campurkan ketiga bahan itu lalu aduk hingga rata, oleskan pada seluruh permukaan wajah hingga leher, lakukan sedikit pemijatan pada kulit wajah, diamkan selama 15 menit, bersihkan wajah dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk halus.
 
Mengangkat Sel Kulit Mati
Madu kaya akan kandungan antioksidan, enzim, dan nutrisi lain yang menyehatkan, membersihkan, dan melembabkan kulit. Kemudian baking soda, merupakan exfoliator alami yang dengan lembut dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, yang memungkinkan regenerasi sel-sel baru muncul untuk kulit bercahaya. Caranya: Campur dua sendok makan madu dengan satu sendok makan baking soda. Bilas kulit dengan air, kemudian dengan lembut gosok campuran ini pada wajah atau tubuh dalam gerakan melingkar. Bilas dengan baik.

Reporter : Sesmawati
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?