Kamis, 24 Agustus 2017 | 04:28 WIB

  • News

  • Healthy Life

4 Diet Mudah untuk Membantu Menurunkan Berat Badan Anda

Ilustrasi Diet.(dok.empowher.com)
Ilustrasi Diet.(dok.empowher.com)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jika ingin menurunkan beberapa kilogram berat badan Anda, namun Anda tidak menginginkan ide diet yang sangat rumit dengan aturan yang sulit, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat. Keempat perubahan sederhana akan membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat, dan membuat Anda dapat kembali memakai celana favorit Anda dalam waktu singkat.

Berikut empat perubahan diet yang dapat membantu menurunkan berat badan Anda dengan cepat seperti dilansir dari health.com.

1. Selalu jadikan sayuran menjadi bintang favorit makanan Anda

Setiap kali Anda makan, bahkan sarapan, sebaiknya jangan pernah lupakan makan sayuran. Selain rendah kalori, sayuran itu kaya akan nutrisi dan tinggi akan kadar serat dan air. Dengan menjadikan sayuran sebagai komponen utama di setiap santapan, Anda akan memakan lebih sedikit kalori tanpa mengorbankan gizi, dan pastinya masih akan merasa kenyang.

Ambil sebagai contoh, untuk sarapan, cobalah orek beberapa telur dalam minyak ekstra-zaitun, bumbu Italia, kunyit, dan lada hitam, dengan dua atau beberapa sayuran cincang, seperti bayam, tomat, jamur, dan paprika. Jangan lupa masukkan potongan buah segar.

Saat makan siang, pilihlah salad daripada sandwich atau roti lapis. Dan siapkan makan malam yang terdiri dari "mie" atau "nasi" yang terbuat dari sayuran (yang dispiral, cincang, atau sobek) dan pasangkan dengan sumber protein (seperti salmon, dada ayam, atau kacang) dan lemak sehat (seperti alpukat, kacang, atau biji-bijian).

2. Selalu konsumsi cairan

Jika Anda memulai hari Anda dengan kopi, tetaplah membuatnya dengan cara yang biasa bahkan jika Anda memakai pemanis sekalipun. Namun, batasi diri Anda cukup hanya satu cangkir. Kemudian beralihlah ke air, atau, minum teh (es atau panas) tanpa gula yang kaya akan antioksidan; dan cobalah mengonsumsinya lagi empat kali, tiap sajiannya sejumlah 16 ons di sepanjang perjalanan hari Anda.

Jika Anda menginginkan sedikit rasa dalam air atau teh, tambahkan mint segar, basil, jahe, atau sedikit buah tumbuk.

Namun, pastikan untuk menghindari minuman apapun yang mengandung pemanis (bahkan dalam versi nol kalori) atau soda. Pasalnya, Ini akan menghilangkan nafsu makan Anda, dan membuat Anda kembung.

Juga yang perlu mendapat perhatian yakni, pastikan tidur malam yang baik, berhenti minum teh berkafein setidaknya enam jam sebelum tidur. Dan hentikan semua cairan, bahkan air, cukup minum di awal malam hari untuk menghindari Anda terus-menerus ke kamar mandi.

3. Selalu batasi makanan ringan Anda

Anda harus benar-benar hanya mengonsumsi makanan ringan dalam dua keadaan. Pertama, ketika Anda benar-benar lapar secara fisik (dan bukan hanya karena bosan atau menunda-nunda makan atau kebiasaan ngemil pada waktu tertentu).

Kedua, adalah ketika Anda membutuhkan energi untuk menjaga perfomamu di antara waktu makan. Misalnya, jika Anda makan siang dan makan malam sebelum pukul 07:00 malam, snack sehat dapat menjaga metabolisme Anda, dan membantu menstabilkan gula darah, insulin, dan tingkat energi Anda untuk mencegah makan berlebihan setelahnya.

Sebagai pengganti makanan olahan, seperti keripik atau makanan manis, berkomitmenlah untuk ngemil sesuatu yang lebih bergizi. Coba kacang atau biji-bijian dengan porsi seukuran bola golf, dengan secangkir sayuran mentah (seperti irisan paprika merah dan ketimun) yang dipasangkan dengan hummus atau buncis panggang.

4. Selalu jadikan dark chocolate cemilan manis Anda

Sepanjang bulan depan, cobalah percobaan sederhana ini yang telah membantu banyak orang dengan cara yang luar biasa. Membangun apa yang disebut "daily drak chocolate escape" dalam hari-hari Anda. Maksudnya, nikmati beberapa potong cokelat hitam berkualitas tinggi (yang mengandung setidaknya 70% kakao) dalam "me time" Anda tanpa gangguan. Jadi tidak ada laptop, tidak ada TV, dan tidak ada telepon.

Penelitian menunjukkan bahwa, mengonsumsi dark chocolate kecil setiap hari dapat mengatasi ngidam Anda terhadap makanan manis dan asin. Trik ini dapat membantu Anda menahan godaan untuk hal lainnya.

Makan satu potongan dark chocolate setelah makan siang dan satu lagi setelah makan malam dapat menjadi cara yang baik, dan menjaga kebutuhan lidah Anda akan makanan manis dan pahit terpenuhi.

Reporter : Hermina W
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?