• News

  • Hiburan

Pianis Ananda Sukarlan Rayakan Kebebasan Ahok di Washington DC

Pianis Ananda Sukarlan akan memainkan karyanya berjudul
Artwork Julie Putra
Pianis Ananda Sukarlan akan memainkan karyanya berjudul

JAKARTA, NNC - "Koh Ahok udah mau keluar beberapa bulan lagi! Lepas dari abis itu mau ngapain, aku sih excited banget," demikian petikan pianis Ananda Sukarlan dalam blognya.

Ya, Andy, begitu ia biasa disapa memang satu dari sekian banyak pengagum Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok). "Anehnya (eh ya udah ga aneh sih, urusan gini nih saya beneran ga ngerti), orang yang ngefitnah koh Ahok malah baru mau dimasukkin penjara, sudah gitu cuma 18 bulan lagi," ujar Andy, pada NNC, Sabtu (15/12/2018).

Sedangkan Ahok yang difitnah cepat sekali  masuk penjaranya, dan hukumannya 2 tahun. "Buat saya sih itu aneh. Tapi ya banyak juga kasus cewek diperkosa, malah ceweknya yang dihukum. Otak saya yang terlalu simple ini gak ngerti deh," kata Andy.

Menurut Andy, banyak yang sudah pingin menyambut Ahok jika dia keluar di gerbang Mako Brimob. "Itu bakal ramai bener lah. Saya pingin sih, tapi kayaknya  tidak bisa. Dengan Asperger’s Syndrome saya, di antara kerumunan seperti itu, belum lagi bakal diajak ngobrol banyak orang, saya bisa pingsan. Paling dikit migraine atau depresi berjam-jam. Ahok pasti tidak mau juga saya jadi bengong nan zombie gitu kan," tutur Andy.

Karena itu, lanjut Andy, ia justru ingin merayakan masa bebasnya Ahok dengan bermusik. Ia memercayakan karyanya dimainkan Yael Weiss. Pertama, karyanya itu kata Andy akan hadir di kota yang jadi jantungnya Hak Azasi Manusia, Washington D.C. Di situ kan ada kantor Amnesty International, ada OHR (Office of Human Rights) dan  Ibukota negara Amerika,

Di sana, Yael Weiss akan memainkan karya Ananda Sukarlan yang memang didedikasikan untuk Ahok, “No More Moonlight Over Jakarta” atau yang berarti "Tiada Lagi Tjahaja Purnama di Atas Jakarta."

Selanjut, Yael Weiss akan membuka serangkaian konser ini pada  24 Januari 2019 di Strathmore Mansion, Washington DC. Selain karya itu, tentu dia juga memainkan “sumber asli”nya karya ini sebelumnya, yaitu Moonlight Sonata-nya Beethoven. Setelah itu, dia akan tampilkan karya ini juga ke Canada dan Cuba.

Ananda Sukarlan saat ini sedang di Jakarta mempersiapkan Jakarta New Year Concert beserta orkesnya, yang akan tampil di Ciputra Artpreneur, pada 13 Januari 2019.

Berikut jadwal karya Ananda Sukarlan dalam memeringati kebebasan Ahok mantan Gubernur DKI Jakarta ini, yang bakal dimainkan Yael Weiss;

January 26th, 2019: Western University, London Ontario (Canada)
March 15th, 2019: Kerrytown Concert House, Ann Arbor, Michigan (USA)
June 2nd, 2019: Museum of Fine Arts, St. Petersburg, Florida (USA)
June 11th, 2019: 32 Bright Clouds Recital in Havana, Cuba

Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?