• News

  • Hukum

Lagi, Rocky Gerung Dipolisikan terkait ‘Kitab Suci Fiksi‘

Dosen yang diduga melakukan penistaan agama, Rocky Gerung.
Istimewa
Dosen yang diduga melakukan penistaan agama, Rocky Gerung.

JAKARTA, NNC - Sekjen Cyber Indonesia, Jack Boyd Lapian,melaporkan Rocky Gerung ke Bareskrim Polri, Jakarta Pusat, Senin (16/4/2018), atas dugaan penistaan agama.

Laporan itu terkait pernyataan Rocky bahwa 'Kitab Suci adalah Fiksi' di acara Indonesia Lawyers Club (ILC), Selasa  (10/4/2018) malam.

"Sore hari ini kami akan melaporkan Pak Rocky Gerung ke Bareskrim Polri atas dasar dugaan penistaan agama dalam acara ILC beberapa waktu lalu yang menyebut kitab suci adalah fiksi," kata Jack di Bareskrim Polri.

Pada kesempatan tersebut, Jack juga menjelaskan arti dari kitab suci dan fiksi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

"Kitab suci dibilang fiksi, kalau kita buat ejaan di KBBI itu udah jelas, kitab suci itu merujuk pada Alquran, Injil, Taurat, dan lain-lain, dan fiksi itu rekaan, khayalan," ucap dia.

"Berarti kalau di kami sebagai orang Kristen, Nabi Isa itu fiksi dong? Atau mungkin umat-umat lain, umat Islam, Muhammad itu fiksi dong? Biarlah berfokus di situ," sambungnya.

Lebih jauh Jack menyebut, sebagai seorang akademisi, Rocky seharusnya tidak membuat pernyataan yang memprovokasi. 

"Kenapa sih Pak Rocky tidak membumikan Pancasila dan ngomong lebih beradab, apalagi beliau adalah seorang dosen," tandasnya.

Laporan Jack diterima dengan LP/512/IV/2018/Bareskrim tertanggal 16 April 2018. Rocky disangkakan melanggar pasal 156a KUHP.

Dengan laporan Jack ini, maka Rocky sudah dipolisikan tiga kali. Pertama oleh ketua Cyber Indonesia Permadi Arya yang melaporkan Rocky ke Polda Metro Jaya, pada Rabu (11/4/2018).

Rocky dianggap melanggar Pasal 28 ayat 2 Juncto Pasal 45A ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Kemudian pada Kamis (12/4/2018), Ketua Cyber Indonesia Sulawesi Utara, Corry Chandra Prasetyo, Ketua Cyber Indonesia Sulawesi Utara, juga melaporkan Rokcy ke Polda Sulawesi Utara dengan menggunakan pasal 156a KUHP.

 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?