• News

  • Hukum

Bupati Cianjur Diciduk KPK, Begini Tanggapan Sekjen NasDem

Sekjen DPP Partai Nasional Demokrat (Partai NasDem), Johnny Gerald Plate.
NNC/Dominikus Lewuk
Sekjen DPP Partai Nasional Demokrat (Partai NasDem), Johnny Gerald Plate.

JAKARTA, NNC - Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kali ini giliran Bupati Cianjur Irvan Rivano Mochtar yang diciduk oleh tim anti rasuah pimpinan Agus Rahardjo.

Irvan diduga menerima suap terkait anggaran pendidikan. Dalam operasi tangkap tangan tersebut diantaranya terdapat pejabat Pemkab Cianjur termasuk pejabat di dinas pendidikan yang turut diamankan.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Nasional Demokrat (Partai NasDem) Johnny Gerald Plate mengatakan pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya kepada penegak hukum.

"Kalau Nasdem harus taat hukum. Jika memang KPK menetapkan OTT KPK ya pasti kita sudah perkirakan banyak macam. Tapi kita tidak masuk ke soal teknis hukumnya, jadi kita tidak tahu masalah teknis hukumnya seperti apa. Namun, secara prinsip ya serahkan itu kepada penegak hukum," kata Johnny dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Meski menyerahkan kasus ini sepenuhnya kepada aparat penegak hukum, Johnny berharap agar prinsip keadilan dalam proses hukum Bupati Cianjur yang merupakan kader NasDem tersebut dapat diberlakukan.

"Kami dukung pemberantasan korupsi. Tetapi yang sudah kena OTT KPK, calon tersangka yang kena OTT mereka kan warga negara. Mereka punya hak-hak hukum. Hak hukumnya juga harus diperhatikan sehingga proses hukumnya yang adil," tegasnya.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Irawan.H.P

Apa Reaksi Anda?