• News

  • Hukum

Habib Bahar Ditahan, Polisi Sebut Sudah Sesuai Aturan Penyidikan

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko
ayobandung
Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko

BANDUNG, NNC -  Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan Polda Jawa Barat dalam menangani kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan Bahar bin Smith sudah dilakukan secara profesional.

"Intinya, pertama polisi melakukan penyidikan berdasarkan SOP (standar operasional prosedur), kemudian KUHAP, dan profesional," kata Trunoyudo di Bandung, Rabu (19/12/2018).

Pernyataan Trunoyudo tersebut menanggapi pertanyaan wartawan mengenai keluhan dari Persaudaraan Alumni 212 yang menganggap polisi terlalu cepat dalam menahan Bahar bin Smith.

Menurut dia, penetapan Bahar sebagai tersangka yang kemudian dilakukan penahanan sudah sesuai dengan aturan penyidikan.

Polisi telah mengantongi beberapa alat bukti yang cukup untuk menjerat Bahar. "Kalau KUHAP mengacu pada (Pasal) 184 KUHAP, jadi alat bukti sudah termasuk menjadi aturan. Saya enggak menanggapi (pernyataan PA 212), yang penting SOP, profesional, dan KUHAP," kata dia dikutip Antara.

Pada pemeriksaan pertama di Mapolda Jabar pada Selasa (18/12), Bahar bin Smith sudah ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan.

Dari informasi yang dihimpun, Bahar bin Smith dilaporkan ke Polres Bogor, karena diduga secara bersama-sama melakukan penganiayaan terhadap anak.

Terduga korban berinisial MHU (17) dan JA (18) beralamat di Bogor. Mereka diduga dianiaya di sebuah pesantren di Kampung Kemang, Bogor pada Sabtu, 1 Desember 2018.

Perbuatan itu bertentangan dengan Pasal 170 KUHP dan atau 351 KUHP dan atau Pasal 80 Undang-Undang Tahun 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?