• News

  • Hukum

Minta Penangguhan Penahanan, Besok Keluarga Dhani Datangi Pengadilan Tinggi DKI

Lieus Sungkharisma bersama Ahmad Dhani
NNC/Adiel Manafe
Lieus Sungkharisma bersama Ahmad Dhani

JAKARTA, NNC - Keluarga Ahmad Dhani, akan mendatangi Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Senin (11/2/2019) untuk mengajukan permohonan penangguhan penahanan bagi pentolan grup band Dewa 19 itu.

“Besok saya bersama keluarga mas Dhani akan menyampaikan sejumlah keterangan dan mengajukan permohonan penangguhan penahanan ke Pengadilan Tinggi,” kata juru bicara keluarga Dhani, Lieus Sungkharisma dalam keterangan persnya, Minggu (10/2/2018).

Menurut Lieus, kedatangannya ke Pengadilan Tinggi Jakarta akan didampingi ibu, istri, adik dan anak Ahmad Dhani. “Intinya kita datang untuk memohon penangguhan penahanan terhadap Ahmad Dhani,” ujarnya.

Lieus menjelaskan, setidaknya ada tiga alasan yang akan disampaikan terkait permohonan penangguhan penahanan tersebut. Pertama, Dhani masih memiliki anak bayi yang butuh perhatian.

"Kedua, putusan Pengadilan Jakarta Selatan belum inkrah (berkekuatan hukum tetap) karena Ahmad Dhani telah mengajukan banding. Lagi pula selama ini mas Dhani bersikap kooperatif baik dalam pemeriksaan maupun persidangan. Ketiga, keluarga menjamin Dhani tidak akan melarikan diri,” ungkapnya.

Karena itulah, lanjut Lieus, demi keadilan dan kesamaan perlakuan di depan hukum, pihak keluarga berharap Pengadilan Tinggi Jakarta mengabulkan permohonan penangguhan penahanan tersebut. 

“Apalagi, tambah Lieus, seperti dikatakan ahli hukum pidana Abdul Fickar Hajar, SH, kasus yang menimpa Dhani sesungguhnya tidak memiliki legal standing sebab dalam cuitannya itu Dhani tidak pernah menyebut satupun nama. Tapi anehnya Dhani tetap dinyatakan bersalah oleh hakim dan langsung dijebloskan ke penjara. Kasus ini memang janggal,” jelasnya.

Atas dasar itu, selain mendatangi Pengadilan Tinggi Jakarta dan meminta penangguhan penahanan, pihaknya juga akan mendatangi Komisi Yudisial untuk melaporkan kejanggalan vonis hakim PN Jaksel tersebut.

“Keluarga ingin Komisi Yudisial memeriksa majelis hakim PN Jakarta Selatan yang dinilai tidak adil dalam menjatuhkan vonis terhadap Ahmad Dhani. Apalagi hakim memerintahkan Dhani langsung ditahan," tegas Koordinator Forum Rakyat itu.

Kepada Komisi Yudisial, sambung Lieus, pihak keluarga nantiny akan menyampaikan sejumlah fakta atas kejanggalan vonis yang dijatuhkan pada Ahmad Dhani. “Di antaranya ya itu tadi, perintah hakim agar Ahmad Dhani langsung ditahan. Ini ‘kan di luar kewajaran,” pungkasnya.


Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?