• News

  • Hukum

Titiek Soeharto Siap Jadi Penjamin Penangguhan Penahanan Ahmad Dhani

Wakil Ketua DPR Fadli Zon bersama Ahmad Dhani di kawasan Car Free Day (CFD), Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta, Minggu (24/9/2017).
NNC/Adiel Manafe
Wakil Ketua DPR Fadli Zon bersama Ahmad Dhani di kawasan Car Free Day (CFD), Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta, Minggu (24/9/2017).

JAKARTA, NNC - Keluarga musisi Ahmad Dhani telah mengajukan permohonan penangguhan penahanan di Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta, Senin (11/2/2019). 

Selain pihak keluarga, sejumlah tokoh dan politisi juga menawarkan diri unjuk menjadi penjamin bagi penangguhan penahanan Dhani, salah satunya yaitu Ketua Dewan Pertimbangan Partai Berkarya, Siti Hediati Hariyadii ( Titiek Soeharto).

Hal itu disampaikan langsung oleh Titiek dalam video pendek yang diunggah oleh relawan Rumah Aspirasi Prabowo-Sandi, Icko, di akun Facebooknya, Rabu (20/2/2019). 

Dalam video berdurasi 8 detik itu, Titiek menyatakan bersedia menjadi penjamin, lantaran prihatin atas kasus yang menimpa pentolan grup band Dewa 19 itu.

"Saya ikut prihatin dengan apa yang menimpa saudara Ahmad Dhani, dan saya ikut menjamin penangguhan penahanan saudara Ahmad Dhani," kata Titiek dikutip NNC dari akun Facebook Icko Aspirasi.

Seperti diketahui, Ahmad Dhani divonis 1,5 tahun penjara oleh majelis hakim PN Jakarta Selatan pada Senin (28/1/2019), karena penyebaran cuitan ujaran kebencian di akun Twitter miliknya. Setelah vonis hakim, Dhani langsung dibawa ke Rutan Cipinang.

Namun, penahanan Ahmad Dhani dipindah ke Rutan Kelas 1 Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur, sejak 7 Februari 2019. Rencananya, ia akan tetap menghuni sel tahanan Rutan Medaeng hingga perkara ujaran kebencian yang menjeratnya di Surabaya selesai disidangkan.

Atas hal itu, pihak keluarga Ahmad Dhani mengajukan penangguhan penahanan di PT DKI Jakarta. Adapun surat penangguhan penahanan yang diajukan ditandatangani oleh lima orang dari pihak keluarga, yakni Joyce Eddy Abdul Manaf (Ibunda Ahmad Dhani), R. Wulansari (Mulan Jameela), Diah Rahmaniar (adik Ahmad Dhani) serta kedua anaknya, Ahmad Al Ghazali dan Abdul Qodir Jaelani.

"Kalau dia menghadapi semua itu akan ada jaminan dari keluarga dia tidak akan melarikan diri, tidak akan menghilangkan barbuk (barang bukti), itu ada. Dan saya sangat memohon Pengadilan jangan ikut berpolitik, tegakkan hukum sebagaimana adanya," kata juru bicara keluarga Dhani, Lieus Sungkharisma di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Firman Qusnulyakin

Apa Reaksi Anda?